Neil Armstrong, Manusia Pertama yang Menginjak Bulan


Naviri Magazine - Mengapa Neil Armstrong disebut orang pertama yang menginjak Bulan, padahal dia bersama Edwin Aldrin?

Ketika berangkat ke Bulan mengendarai pesawat Apollo 11, Neil Armstrong bahkan tidak hanya bersama Edwin Aldrin, tetapi juga bersama satu orang lagi, yaitu Michael Collins. 

Namun, sesampai di Bulan, Neil Armstrong yang pertama kali turun dari pesawat dan menginjakkan kakinya di Bulan. Sembilan belas menit kemudian, Edwin Aldrin menyusul keluar pesawat dan mengikuti Neil Armstrong. 

Karena itulah, Neil Armstrong yang disebut sebagai orang pertama yang menginjak Bulan. Sementara Michael Collins tetap berada di dalam pesawat, karena tugasnya memang tidak ikut turun bersama Armstrong dan Aldrin.

“Ini adalah langkah kecil bagi seorang manusia,” kata Neil Armstrong di sana, “namun langkah yang besar bagi umat manusia.” Ucapan itu kemudian menjadi salah satu kalimat paling terkenal di dunia.

Sebelum Neil Armstrong mampu mendarat di Bulan, orang pertama yang meninggalkan atmosfer Bumi adalah Yuri Gagarin dari Rusia. 

Pada 12 April 1961, Yuri Gagarin berhasil memasuki orbit Bumi dalam pesawat Vostok 1. Penerbangan itu berlangsung 1 jam 48 menit. Sedangkan kosmonot wanita pertama yang mencapai ruang angkasa adalah Valentina Tereshkova pada 1963.

Related

Science 1297832240097500445

Recent

Hot in week

item