Punya Harta Rp 11 Ribu Triliun, Sosok Ini Disebut Bisa Lunasi Utang Indonesia


Setiap tahun, utang luar negeri (ULN) Indonesia terus bertambah. Entah untuk biaya pembangunan infrastruktur, atau segala hal yang berhubungan dengan anggaran belanja negara. Lebih-lebih di masa pandemi, dimana kebutuhan negara jadi bertambah karena masyarakat perlu divaksin, aktivitas ekonomi juga seret karena Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), dan masih banyak lagi.

Jadi tak heran jika Utang Luar Negeri RI tembus Rp6.713 triliun pada November 2021. Namun, Sri Mulyani percaya bahwa utang Indonesia nantinya dapat dilunasi.

"Kalau kita belanjanya bagus, menjadi infrastruktur yang bagus, jadi sumber daya manusia (SDM) berkualitas membuat ekonomi Indonesia tumbuh bagus, ya pasti bisa bayar lagi utangnya, termasuk SBSN ini pasti bisa dibayar Insya Allah dengan aman," ujar Menteri Keuangan Sri Mulyani.

Sri Mulyani juga menyebutkan bahwa utang luar negeri Indonesia bisa saja dilunasi oleh sosok "orang terkaya" di RI ini. Sebab ia memiliki total harta kekayaan senilai Rp11 ribu triliun. 

Dia adalah Direktur Jenderal Kekayaan Negara, Rionald Silaban, yang mengelola aset negara bernilai Rp11.098,67 triliun sepanjang tahun 2020. Nilai ini mengalami peningkatan 6.02% dibandingkan tahun sebelumnya.

"Kenaikan nilai aset negara kita lebih dari Rp4.000 triliun, ini adalah sisi neraca yang tidak dibahas karena yang sering dilihat adalah sumbernya penerimaan," ujar Rionald.

Meskipun begitu, di acara podcast Deddy Corbuzier, Sri Mulyani menjelaskan bahwa utang luar negeri adalah hal yang wajar, karena negara-negara maju pun melakukannya. Jadi, masyarakat tak perlu khawatir.

Related

News 6823577334996882072

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item