Tips Ibu Hamil: Bekal Pertanyaan Saat Kontrol Kehamilan (Bagian 1)


Naviri Magazine - Saat melakukan kontrol kehamilan secara rutin pada dokter atau bidan Anda, manfaatkan waktu pertemuan itu sebaik-baiknya, agar Anda benar-benar memahami kondisi kehamilan yang sedang dijalani. 

Lagi-lagi, bagi wanita yang baru pertama kali hamil, hal itu mungkin masih cukup membingungkan, karena tidak adanya pengalaman. Untuk itu, berikut ini adalah beberapa pertanyaan yang bisa Anda jadikan bekal saat melakukan kontrol kehamilan.

Selain pertanyaan-pertanyaan yang tercantum di bawah ini, Anda tentu saja boleh mengajukan pertanyaan lain pada dokter atau bidan Anda sehubungan dengan kehamilan yang sedang dijalani, dan percayalah dokter atau bidan Anda akan menjawabnya dengan senang hati. 

Lebih dari itu, jika ada hal-hal yang ingin Anda sampaikan—misalnya keluhan-keluhan tertentu yang Anda rasakan—jangan ragu untuk menyampaikannya pada dokter, agar Anda bisa mendapat solusi yang baik.

Trimester Pertama

Berapa usia kehamilan saya?

Dokter biasanya akan menentukan usia kehamilan Anda dengan dua parameter, yaitu hari pertama haid terakhir, dan dari pemeriksaan USG.

Dengan mengetahui tanggal hari pertama haid terakhir (apalagi jika siklus haid Anda teratur), dokter dapat menentukan usia kehamilan dengan lebih tepat, daripada jika tidak mengetahui tanggal tersebut. Jika Anda kebetulan lupa kapan hari pertama haid terakhir, maka akan digunakan pemeriksaan USG. 

Semakin dini pemeriksaan USG dilakukan, hasil penentuan usia kehamilan yang didapat akan lebih akurat. Kalau pun meleset, selisihnya hanya dalam hitungan satu atau dua hari. 

Kepastian usia kehamilan akan kembali dikonfirmasi melalui pemeriksaan USG saat Anda melakukan kontrol berikutnya. Saat kontrol pertama ini pun umumnya perkiraan tanggal persalinan sudah dapat diprediksi.

Pemeriksaan apa saja yang harus saya lakukan?

Pada awal kehamilan, pemeriksaan darah sangat dianjurkan, seperti periksa darah rutin (komponen HB, trombosit, lekosit, dan hematokrit), untuk mengetahui status keadaan Anda pada awal kehamilan secara laboratorium, baik keadaan kurang darah (anemia) atau untuk mengetahui ada tidaknya infeksi (mengingat umumnya sering terjadi infeksi saluran kencing pada kaum wanita). 

Selain itu, akan lebih baik jika Anda telah melakukan pemeriksaan TORCH saat persiapan kehamilan (premarital check up).

Apakah kehamilan saya normal/ada kelainan?

Melalui usia kehamilan dan pemeriksaan USG, hal pertama yang harus muncul pada kehamilan adalah adanya kantong kehamilan. Jika kantong itu tidak berkembang sesuai usia kehamilan dan tidak ditemukan janin di dalamnya, berarti ada kelainan yang disebut telur kosong. 

Kemudian, pada usia kehamilan 6-7 minggu, juga lewat pemeriksaan USG, organ fetus harus sudah bisa terlihat secara keseluruhan, meski belum detail. Ketiadaan denyut jantung janin bisa berarti ada kematian hasil konsepsi.

Selain hal-hal tersebut, ada beberapa kondisi lain yang bisa jadi berhubungan dengan kehamilan yang sedang Anda jalani, dan dokter akan menyarankan hal-hal yang perlu dilakukan.

Bila ada kelainan atau ketidaknormalan, pada saat pemeriksaan harus dipastikan apakah ketidaknormalan/kelainan tersebut bersifat mayor atau minor. Jika diprediksi kondisi kelainan atau ketidaknormalan itu akan memburuk (misalnya dapat menyebabkan kematian atau kelainan berat), maka dokter akan menyarankan pertimbangan tertentu.

Suplemen apa yang harus dikonsumsi?

Dokter akan menganjurkan Anda untuk mengonsumsi asam folat di usia 3 bulan pertama sebelum kehamilan, atau paling tidak selama trimester awal kehamilan. Tujuan konsumsi asam folat adalah untuk mencegah terjadinya cacat bawaan pada janin.

Bolehkah saya dan pasangan berhubungan intim?

Umumnya, dokter akan membolehkan, sepanjang kehamilan Anda tidak memiliki keluhan atau tidak ada masalah.

Baca lanjutannya: Tips Ibu Hamil: Bekal Pertanyaan Saat Kontrol Kehamilan (Bagian 2)

Related

Pregnancy 4251312670308986253

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item