Tokoh-tokoh Penjahat Paling Ikonik dalam Film


Naviri Magazine - Umumnya film, khususnya film action, menampilkan dua kubu yang saling berseberangan. Yaitu kubu sang pahlawan dan kubu sang penjahat. Sebagai penonton, kita pun kerap memihak kubu sang pahlawan, dan film biasanya berakhir sesuai harapan kita, yaitu kemenangan sang pahlawan dalam menumpas kejahatan. Biasanya pula, akhir film menunjukkan si penjahat mati atau setidaknya kalah.

Namun, ada pula sejumlah film yang tidak hanya membuat penonton terpesona pada sang pahlawan, tapi juga pada si penjahat. Beberapa penjahat dalam film tampil begitu kharismatik, atau sulit dilupakan, sehingga penonton pun mengaguminya, meski di waktu bersamaan juga membencinya. Terkait hal itu, berikut ini adalah tokoh-tokoh penjahat yang dianggap paling ikonik yang pernah muncul di film.

1. Joker - The Dark Knight

"Kegilaan, seperti kau tahu, layaknya gravitasi; yang dibutuhkan hanyalah suatu dorongan kecil.” Sebuah kutipan sederhana melambangkan karakter Joker yang diperankan Heath Ledger tak lagi sama dengan Joker-Joker sebelumnya.

Joker dalam film Batman versi Christopher Nolan tak lagi sekadar pelengkap agar kepahlawanan Batman dapat terlihat jelas. Tapi dia justru jadi simbol kekacauan, sehingga sosok Batman dibutuhkan (dan melenyapkan diri). Tentu saja kita juga tak boleh lupa memberikan apresiasi tinggi pada kehebatan akting Heath Ledger yang amat meyakinkan.

2. Darth Vedder - Serial Star Wars

Ada banyak alasan mengapa villain satu ini begitu mempesona. Pertama, tentu saja dia punya suara khas yang mengesankan. Selain itu, Darth Vader tergolong penjahat yang rumit.

Kisah hidupnya di masa lalu, yang mendorongnya memilih Dark Side, sering disesalkan sekaligus dimaklumi. Tentu kita juga tak bisa melupakan bahwa dia punya kemampuan tingkat tinggi mengendalikan "Force", sehingga bisa melakukan berbagai aksi metafisik.

3. Mad Dog - The Raid: Redemption

Siapa saja yang menyaksikan The Raid: Redemption pasti tak akan lupa adegan Mad Dog bertarung melawan Sersan Jaka. Selain scene perkelahian yang ikonik dan sangar, dialog yang diucapkan Yayan Ruhian sebelum memulai pertarungan juga begitu menempel, sampai muncul beragam meme terkait hal tersebut.

"Sebenarnya kurang kalau begini, enggak ada gregetnya," kata Mad Dog sembari menaruh pistol. "Tinggal tarik pelatuk, macam pesan layan antar aja". Kemudian, dia membuka jaket dan mengangkat kedua tangan ke atas. "Dan ini… Ini baru asyik. Ini baru ada gregetnya... Ini permainan yang gue suka.”

4. Dr. Hannibal Lecter - Silence of The Lambs

Dia punya tatapan mengerikan, seperti monster yang siap melumat jiwa yang rapuh dan penuh keragu-raguan. Meski menjadi penjahat yang diminta membantu pengungkapan kasus, Dr Hannibal justru jadi sosok yang memegang kendali jalannya cerita. 

Dalam film ini, Anthony Hopkins benar-benar mampu menghadirkan pesona rumit penjahat berdarah dingin, ditakuti sekaligus dikagumi.

5. Lord Voldemort - Harry Potter

Apalah makna Harry Potter tanpa kehadiran Lord Voldemort. Bahkan wujudnya belum tampak secara fisik saja telah menghadirkan kengerian bagi setiap karakter di film ini. Bahkan menyebut namanya saja sudah membuat bulu kuduk merinding.

6. Thanos - Avengers: Infinity War

Tugas seorang penjahat atau karakter antagonis adalah memberi ancaman, lalu dikalahkan oleh sang jagoan. Tapi jejak yang diberikan Thanos dalam film Avengers: Infinity War tak sesederhana itu. Dia membuat sejumlah karakter idola meregang nyawa.

Walaupun mungkin saja karakter tersebut akan dihidupkan kembali (di-reset), tapi apa yang dilakukan Thanos sudah bikin hati perih.

Related

Film 2278970009901526531

Recent

item