Untuk Ibu Hamil, Ini Tips Mengatasi Sesak Napas Saat Kehamilan


Naviri Magazine - Ketika usia kehamilan memasuki enam bulan, sesak napas biasanya terjadi. Hal ini disebabkan karena kondisi rahim yang makin membesar, dengan berat badan bayi yang juga terus bertambah dan berakibat menekan dinding dada atau diafragma ibu hamil. Karena rongga paru-paru menjadi berkurang karena kondisi tadi, maka sesak napas pun timbul.

Memang tidak semua ibu hamil mengalami masalah sesak napas selama kehamilannya. Namun, jika Anda kebetulan mengalami masalah satu ini, tip berikut dapat Anda lakukan untuk mengatasinya.

Untuk menghindari sesak napas selama kehamilan, ibu hamil disarankan untuk melakukan kegiatan olahraga, karena dapat membantu tubuh tetap sehat dan bugar. Olahraga yang dipilih dapat disesuaikan dengan kondisi kehamilan.

Agar ruang paru-paru tidak tertekan dan tetap memiliki ruang yang cukup untuk bernapas, ibu hamil disarankan untuk membiasakan diri duduk dengan tegak.

Pada waktu tidur, sebaiknya kepala dan bahu diganjal satu atau dua bantal.

Apabila sesak napas dirasakan ketika sedang berdiri atau sedang berjalan, sebaiknya beristirahatlah. Sandarkan badan pada kursi atau bantal. Apabila sesak napas belum juga berkurang dengan cara tersebut, maka sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter.

Related

Pregnancy 7046288735209032288

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item