Viral Rencana Keuangan Keluarga dengan Gaji Rp 3 Juta Per Bulan, Bisa Nabung dan Bayar Cicilan


Bagi pasangan yang menikah, membuat rencana keuangan keluarga merupakan salah satu hal yang penting. Sebab, rencana keuangan bisa membantu untuk tidak boros. 

Berbicara soal rencana keuangan, baru-baru ini viral catatan rencana keuangan keluarga dengan gaji Rp3 juta. Catatan rencana keuangan tersebut dibagikan oleh akun Twitter @worksfess.

Rencana keuangan tersebut untuk menghidupi keluarga yang terdiri dari dua orang dewasa dan satu anak.        

Di catatan yang viral tersebut, terdapat 22 kebutuhan yang harus dibeli setiap bulannya. Mulai dari sembako hingga kebutuhan mandi di-list ke dalam daftar belanjaan bulanan tersebut.

Setiap bulan, mereka harus membeli beras 10 kg yang harganya Rp80 ribu, gas 2 kali isi ulang dengan total harga Rp38 ribu, dan bahan untuk membeli lauk serta sayur dengan total pengeluaran Rp620 ribu per bulan.

Selain menyediakan budget untuk uang saku suami, keluarga kecil tersebut juga menyediakan budget untuk skincare istri sebesar Rp100 ribu.

Yang menjadi sorotan dalam rencana keuangan keluarga tersebut adalah biaya listrik bulanannya yang hanya Rp25 ribu. Sehingga total pengeluaran bulanan keluarga tersebut hanya Rp1.541.500.000 per bulannya.

Mereka juga menyediakan pengeluaran lain untuk jajan dan dana darurat yang totalnya sebesar Rp100 ribu. Mereka juga masih bisa menabung sebesar Rp500 ribu dan bayar cicilan Rp800 ribu dengan penghasilan tersebut.

Rencana keuangan keluarga dengan gaji Rp3 juta ini pun viral dan menuai beragam reaksi dari netizen.

"Kok bisa? 450 wat di aku buat kulkas sanyo sama masak nasi aja harus gantian kalo lagi masak nasi ga bisa nyalain sanyo tar gejlag," kata @leemincity.

"Ini beneran diukur apa ngarang2 ya soal kebutuhan rumah tangganya? Kek gamungkiiin sehemat inii, apalagi itu 3 kepala. Klo sendiri sih ya mungkin masih masuk akal," kata @opqrsekar.

"Sayur&lauk 20k? Dia tinggal di desa/kabupaten di jawa/bali yg harga sayurnya masih murah. W pernah beli sayur di ubud tahun 2019 sebungkus 5rb bisa kali dimasak 2hari saking banyaknya. Atau dia punya kebon jdi nanem sendiri sayurnya jdi cuma beli lauk," kata @titissatiti.

Related

Romance 4069321028793079705

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item