10 Fakta Kentang Goreng McDonald's, Menu Terpopuler yang Gurihnya Nagih!


Ada banyak alasan mengapa kentang goreng McD begitu digemari, apalagi kalau disajikan sesaat setelah matang. Tekstur luarnya garing, dalamnya lembut, dan memiliki rasa gurih yang enak!

Kentang goreng McD juga punya banyak fakta menarik di balik kemunculan dan proses produksinya. Semua hal ini patut diketahui penggemarnya.

1. Menu McD paling populer

Dari sekian banyak menu McD, kentang goreng adalah menu terpopuler di jaringan resto fast food asal Amerika Serikat ini. Kepopuleran kentang goreng bahkan mengalahkan burger andalan McD, Big Mac. Hal ini lantaran kentang goreng bisa dimakan sebagai camilan maupun pendamping makanan utama.

2. Tidak cocok dikonsumsi vegan

Meski kentang adalah bahan makanan nabati, namun kentang goreng McD tidak cocok dikonsumsi pelaku vegan. Dalam salah satu komposisinya tercantum "perasa daging sapi alami". Menurut McD, perasa ini mengandung gandum terhidrolisis dan susu terhidrolisis sebagai bahan awalnya.

3. Dipotong dari kentang segar

Banyak orang mengira kentang goreng McD dibuat dari kentang yang ditumbuk kemudian dibentuk menyerupai stik kentang. Faktanya, kentang goreng McD dipotong langsung dari kentang segar menggunakan mesin canggih. Kentang juga sebelumnya dibekukan dulu sebelum sampai di restoran.

4. Trik menyamakan warna kentang

Dalam video yang diunggah McDonald's Kanada, Mario Dupuis selaku manajer produksi mengatakan kentang goreng dimasukkan ke dalam blancher untuk menghilangkan kandungan gula dari kentang. 

Proses ini juga "mencegah beberapa variasi" dalam warna kentang goreng nantinya, kata Dupuis. Kentang juga diberi "larutan dekstrosa" dan bahan lain untuk mencegah kentang goreng berubah menjadi keabuan.

5. Digoreng dulu semenit

Dalam proses menyiapkan stok kentang goreng, Dupuis menjelaskan irisan kentang bakal digoreng dulu selama 45 detik hingga 1 menit sebelum dibekukan. Barulah nanti stok kentang goreng dikirimkan ke berbagai lokasi.

6. Ada perubahan resep tahun 1992

Penambahan "perasa daging sapi alami" pada kentang goreng McD berlangsung sekitar tahun 1992. Sebelumnya, kentang goreng McD dibuat dengan lemak sapi. Hal ini disampaikan Malcolm Gladwell dalam podcast Revisionist History. 

Namun berkat tekanan untuk menghilangkan lemak jenuh yang berasal dari lemak sapi, McD mulai menggunakan minyak sayur sebagai gantinya pada tahun 1992.

7. Salah satu menu original

Popularitas kentang goreng sebagai menu McD tak main-main mengingat kentang goreng merupakan salah satu menu original yang ada sejak tahun 1950-an. Kentang goreng disandingkan dengan burger, shake, dan beberapa minuman soft drink.

8. Mengandung belasan bahan dan bumbu

Bukan sekadar garam, kentang goreng McD dibuat dengan belasan bahan dan bumbu. Beberapa di antaranya minyak canola, minyak kedelai terhidrogenasi, minyak safflower, perasa alami (dari sayuran), dekstrosa, sodium acid pyrophosphate (pewarna makanan), asam sitrat (pengawet), dan dimethylpolysiloxane (bahan kimia anti buih).

9. Ahli gizi sebut 6 kentang goreng cukup

Terkait nutrisi, ahli gizi Eric Rimm mengungkap jumlah konsumsi ideal kentang goreng McD. Ia menyarankan tak lebih dari 6 stik kentang goreng, bisa dipadukan dengan sayuran hijau. 

"Saya pikir sangat bagus jika makananmu berupa salad pendamping dengan 6 kentang goreng McD," ujarnya.

10. Tiap tahun habiskan 1,7 juta ton kentang

Bukan satu, kentang goreng McD dibuat dari beberapa jenis kentang. Empat yang paling umum adalah kentang Russet Burbank, Russet Ranger, Umatilla Russet, dan Shepody. Tiap tahun McD dilaporkan menghabiskan 1,7 juta ton kentang. Hal ini didasarkan pada laporan Inc. story pada Januari 2018.

Related

Food 1299784102082977577

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item