10 Hal yang Bisa Menyebabkan Dada Tiba-tiba Sesak (Bagian 2)


Uraian ini adalah lanjutan uraian sebelumnya (10 Hal yang Bisa Menyebabkan Dada Tiba-tiba Sesak - Bagian 1). Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik, sebaiknya bacalah uraian sebelumnya terlebih dulu.

5. Emboli paru

Gejala emboli paru biasanya dimulai tiba-tiba. Emboli paru paling sering disebabkan oleh trombosis vena dalam, yaitu penggumpalan darah di pembuluh vena. Penyumbatan yang menyebabkan emboli paru, paling sering dimulai di kaki atau panggul. Ketika gumpalan bergerak menuju paru, vena di paru-paru jadi tersumbat, yang kemudian bisa menimbulkan masalah pernapasan serius.

Emboli paru menyebabkan aliran darah ke salah satu atau kedua sisi paru menjadi sangat terbatas, sehingga membuat dada terasa sesak dan detak jantung meningkat, yang membuat Anda kesulitan bernapas. Peradangan pada jaringan pembungkus paru-paru dan dinding dada (pleura) juga bisa menyebabkan nyeri dada yang terasa tajam.

6. Tuberkulosis

Tanda dan gejala tuberkulosis biasanya berkembang secara perlahan, bisa bulanan hingga tahunan, dan seringnya dikaitkan dengan kondisi lain. Ketika bakteri penyebab TB menyerang paru, TB paru biasanya menyebabkan batuk kronis (terus-menerus) yang dapat menghasilkan dahak berwarna putih di pagi hari—bisa kuning atau hijau, tapi kasusnya sangat jarang.

Gejala umum lain dari TB adalah dada yang terasa sesak. Gejala ini mungkin muncul sebagai akibat dari efusi pleura—penggenangan cairan di antara selaput pembungkus paru, dan lapisan pelindung dinding dada.

7. Penyakit paru obstruktif kronis (PPOK)

PPOK dapat menyebabkan batuk kronis yang mengeluarkan dahak, suara mengi (napas berbunyi), sesak napas, dan gejala lainnya. Merokok adalah penyebab utama PPOK. Paparan terhadap zat iritan lain, seperti polusi udara, asap kimia, atau debu, juga dapat memicu PPOK—terutama jika dihirup dalam jangka panjang.

Dada terasa sesak akibat PPOK juga disebabkan oleh penyempitan atau penyumbatan saluran napas. Dada sesak dapat menyulitkan paru-paru untuk mendapatkan atau mengeluarkan udara, sehingga lebih sulit untuk bernapas.

8. Bronkiektasis

Kerusakan jalan napas awal yang menyebabkan bronkiektasis sering dimulai pada masa kanak-kanak. Namun, tanda dan gejalanya bisa tidak muncul bulanan hingga bertahun-tahun, setelah Anda mulai mengalami infeksi paru berulang.

Bronkiektasis dapat menyebabkan batuk berdahak kronis, yang terjadi setiap hari selama bulanan atau tahunan; dahak hadir dalam jumlah besar, berlendir, dan mungkin mengandung nanah; sesak napas dan suara mengi; nyeri dada; dan clubbing finger (daging di bawah kuku tangan dan kaki jadi menebal).

9. Pneumonia

Tanda dan gejala pneumonia bervariasi, dari ringan sampai berat, tergantung dari banyak faktor seperti jenis kuman penyebab infeksi, dan usia, serta kesehatan tubuh Anda secara keseluruhan.

Pneumonia seringnya datang tiba-tiba, menyebabkan serangkaian gejala yang mirip flu dan pilek, namun bertahan lebih lama—demam, menggigil, dan batuk berdahak (pada kasus yang lebih parah, bisa disertai nanah). 

Infeksi paru ini juga menyebabkan nyeri dada pleuritik. Artinya, Anda memiliki peradangan atau iritasi pada lapisan paru yang menyebabkan dada terasa sesak dan sakit tajam saat Anda bernapas, batuk, atau bersin.

10. Kanker paru

Sebagian besar kanker paru-paru tidak menimbulkan gejala apapun, sampai tumor ganasnya telah menyebar, tetapi beberapa orang dengan kanker paru dini bisa menunjukkan gejala.

Gejala yang paling umum dari kanker paru adalah batuk kronis yang tidak sembuh-sembuh atau makin parah (mengeluarkan ludah atau dahak berdarah atau berwarna karat); dada terasa sesak yang makin parah saat bernapas panjang, batuk, atau tertawa; suara serak; berat badan turun drastis dan tidak selera makan; sesak napas; lemah, letih, lesu; memiliki infeksi seperti bronkitis dan pneumonia yang tidak menghilang atau terus kambuhan; suara mengi.

Jika Anda segera pergi ke dokter begitu mencurigai gejalanya, kanker mungkin bisa terdiagnosis pada tahap awal, yang akan jauh lebih mudah untuk diobati.

Related

Health 5594232570541885593

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item