11 Aplikasi Terpenting untuk Smartphone Saat Ini, Kamu Sudah Punya? (Bagian 2)


Uraian ini adalah lanjutan uraian sebelumnya (11 Aplikasi Terpenting untuk Smartphone Saat Ini, Kamu Sudah Punya? - Bagian 1). Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik, sebaiknya bacalah uraian sebelumnya terlebih dulu.

6. E-Commerce

Yup, aplikasi yang satu ini jangan sampai gak ada di gadget kamu. E-Commerce menjadi platform favorit untuk melakukan transaksi jual beli yang menyenangkan dan praktis. Bagaimana tidak, di dalam satu aplikasi E-Commerce, kamu bisa menemukam ribuan store yang menjual beragam kebutuhan.

E-Commerce memberikan fitur-fitur yang dapat memudahkan penggunanya. Selain itu, promo-promo yang ditawarkan bisa kamu coba untuk menghemat uang belanja kamu. Gak perlu khawatir dengan produk yang di jual, setiap aplikasi menyediakan review komentar dari pembeli yang bisa kamu lihat sebelum membuat pesanan.

Di Indonesia, ada beberapa aplikasi E-Commerce yang bisa kamu pilih. Masing-masing aplikasi memiliki fitur yang hampir sama. Balik lagi ke kamu mau belanja online dimana.

7. Google Maps

Aplikasi yang satu ini juga gak kalah penting. Ketika berkunjung ke tempat baru, kamu gak perlu khawatir bakal tersesat. Dengan aplikasi ini kamu bisa mencari tahu arah jalan yang harus kamu lewati.

Di situ kamu bisa memilih moda transportasi yang kamu gunakan seperti jalan kaki, sepeda, motor, mobil, dan lainnya. Secara otomatis, aplikasi akan memberikan petunjuk jalan sesuai dengan jenis transportasi yang kamu pilih.

Selain untuk memberi tahu arah jalan, aplikasi ini juga bisa digunakan untuk melihat kondisi jalan. Cocok banget buat kamu yang buru-buru berangkat ke sekolah atau kantor. Dengan aplikasi ini, kamu bisa mengantisipasi jalanan yang sedang macet dan mencari alternatif jalan yang lain.

Oh iya, ternyata google maps bisa juga digunakan untuk mengetahui keberadaan seseorang melalui fitur locatian yang saling terkoneksi. Selain itu, aplikasi ini bisa digunakan untuk melacak keberadaan gadget melalui e-mail yang terhubung di gadget. Jadi, kamu gak perlu khawatir lagi kalau gadget kamu hilang.

8. Microsoft Office

Keberadaan aplikasi Microsof Office dibutuhkan bagi orang-orang yang memiliki kesibukan dengan file dan data. Terkadang, gadget kamu gak bisa membuka jenis file dengan format tertentu.

Alhasil kamu perlu aplikasi tambahan untuk bisa mengaksesnya. Keberadaan aplikasi ini tentu sangat membantu pekerjaan kamu. Dengan satu aplikasi kamu bisa membuka banyak file kerja seperti doc, pdf, exe, dan lain-lain.

Selain untuk membuka file, aplikasi ini bisa membantu kamu untuk mengerjakan tugas. Jadi, buat kamu yang lagi di jalan bisa banget melanjutkan tugas dengan gadget-mu. Buat kamu yang gak punya laptop, wajib banget menginstal aplikasi yang satu ini. Gak perlu khawatir, fitur-fitur yang ada disini lengkap kok seperti yang ada di laptop atau komputer.

9. Streaming Video on Demand

Streaming Video on Demand atau VoD adalah layanan video streaming berlangganan yang memberikan layanan kepada user (pengguna internet) untuk memilih atau mengontrol sendiri video atau klip dengan menggunakan akses internet.

Buat kamu yang sibuk dan gak ada waktu nonton TV di rumah, kamu bisa menggunakan aplikasi layaknya video rental ini. Di sini, kamu bisa memilih sendiri video yang kamu inginkan.

Pilihan program video yang bisa dipilih diantaranya serial TV, reality show, film dan jenis layanan streaming yang lain. Selain menonton langsung secara online, kamu bisa mengunduh video yang kamu inginkan agar bisa ditonton secara offline.

10. Online Public Service

Disadari atau tidak, ternyata banyak public service yang kamu butuhkan dan libatkan dalam aktivitas kamu. Saat ini, banyak public service yang menyediakan jasanya secara online.

Layanan yang bisa kamu coba dengan layanan ini diantaranya kepengurusan administrasi (KTP, KK, SKTM, surat pindah, dll), membayar pajak (rumah, kendaraan, usaha), urusan dengan instansi kepolisian (tilang, pembuatan SKCK, dan lain sebagainya) dan masih banyak lagi.

11. Layanan Kesehatan Online

Aplikasi layanan kesehatan online sangat bermanfaat buat mengkonsultasikan kesehatan kamu. Kalau kamu biasa abai dengan gejala-gajala klinis yang kamu alami dengan dalih gak ada waktu untuk datang ke dokter, aplikasi ini bisa jadi solusi buat kamu. Dengan adanya aplikasi ini, kamu juga akan lebih aware terhadap kondisi kesehatan kamu.

Bukan hanya kondisi kesehatan fisik, ada juga aplikasi yang memberikan layanan konsultasi kesehatan mental. Jadi, buat kamu yang punya masalah mental bisa mencoba menginstal aplikasi yang menyediakan jasa konsultasi mental. Selain dapat teman curhat, kamu juga bisa mencari solusi atas permasalahan yang sedang kamu hadapi kapan pun yang kamu inginkan.

Kehadiran aplikasi-aplikasi penyedia jasa yang dibutuhkan oleh manusia memang sangat membantu mempermudah pekerjaan. Akan tetapi, banyak dari masyarakat yang belum mengetahui fungsi aplikasi-aplikasi yang memiliki peran vital ini. Alhasil, masih banyak masyarakat yang masih bersusah payah melakukan transaksi secara konvensional.

Di satu sisi, banyak orang-orang yang merasa diuntungkan dengan kehadiran aplikasi yang sangat aplikatif ini. Tentu, kita semua akan menantikan inovasi dan ide kreatif lain dari para pengembang agar bisa menciptakan aplikasi yang lebih baik lagi.

Related

Smartphone 3184386612857658912

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item