13 Gadget Super Tangguh yang Benar-benar Tahan Banting (Bagian 1)


Ada banyak gadget atau perangkat elektronik yang canggih dan memiliki tampilan menawan, tapi tidak memiliki ketangguhan. Kalau jatuh, bisa pecah. Kalau terbentur, bisa retak. Gadget semacam itu harus diperlakukan dengan hati-hati.

Beda dengan gadget-gadget berikut ini. Dari kamera digital sampai komputer tablet, 13 gadget berikut ini benar-benar tangguh dan tahan banting.

1. Kamera Digital Panasonic DMC-ft3 (rating ipx8, mil-std)

Kamera saku paling tangguh saat ini adalah panasonic ft3. Kamera ini dapat digunakan sampai kedalaman 12 meter, paling dalam dari yang lainnya. Kamera ini juga tahan benturan saat dijatuhkan dari ketinggian 2 meter, lagi-lagi paling kuat dari kamera lainnya. 

Meskipun begitu, ft3 tetap ramping. Padahal, kamera ini dilengkapi built-in gps, altimeter, kompas, dan barometer. Kemampuan memotretnya? Canggih. Sensor 12 megapixelnya bahkan dapat menghasilkan foto 3 dimensi dan merekam video full hd 1920×1080 pixel.

2. External HDD/SSD Iosafe Rugged Portable (rating ip68, mil-std-810g)

Produsen ini memproduksi gadget paling tangguh, mungkin di seluruh dunia. Mottonya saja “hardware tahan bencana“. Produknya yang lebih mahal bahkan ada yang menjanjikan storage enclosure tahan api! 

Tipe rugged portable sendiri diklaim dapat tertindih sampai 2,5 ton, jatuh dari ketinggian 3 meter, terendam sampai kedalaman 10 meter selama 3 hari, dan terendam bahan kimia sampai selama 1 jam. Jika perlindungan gagal, iosafe memberikan garansi data recovery pada tiap produknya. 

Produsen bahkan mendemokan bahwa produknya tahan peluru. Tidak hanya kuat, rugged protable juga kencang dengan koneksi usb 3.0. Padahal, harganya tidak mahal, mulai dari $149.

3. USB Flash Drive Atp Toughdrive (rating ip68, mil-std-810)

Atp mengklaim bahwa flash drive mereka yang satu ini tahan banting dan tahan rendam. Tentu saja, hal tersebut tidak terdengar spesial dikarenakan flash drive tidak memiliki komponen bergerak. Namun, video ini menguji toughdrive dengan sangat ekstrem. 

Setelah dilindas mobil, dibakar selama 1 menit, ditembaki airsoft gun, dan dibakar untuk kedua kalinya, toughdrive masih berfungsi. Bahkan, lampu led di bagian luarnya masih menyala!

4. Komputer Stealth Computing (rating mil-std-810, up to ip67)

Kedua storage di atas memang tangguh, tapi tak berguna tanpa sebuah komputer. Jika anda menginginkan proteksi tertinggi bagi komputer anda, stealth computing menawarkan solusinya. Produsen ini menawarkan beragam komponen pc tahan air yang modular. 

Anda dapat memilih keyboard dan mouse yang cocok, kemudian memilih display dari ukuran 15 sampai 19 inci, dengan atau tanpa kemampuan layar sentuh. Unit pc adalah sebuah kotak hitam dengan kabel khusus antiair. 

Komputer ini dilengkapi intel atom dual core 1,6 ghz dan ram 2 gb. Spesifikas tersebut memang hanya memberikan kinerja yang pas-pasan, namun produsen mengklaim unit pc dapat beroperasi bahkan saat terendam air.

5. Notebook Dell Latitude xt2 xfr (rating ip65, mil-std-810g)

Jika ingin lebih mobile, tentu saja notebook lebih cocok daripada komputer. Perangkat mobile juga lebih rentan cuaca karena itu tak mengejutkan jika pilihan notebook tahan air lebih banyak ketimbang komputer. Kebanyakan lebih powerful dari komputer di atas, tetapi dengan sertifikasi tahan air yang lebih rendah.

6. Panasonic Toughbook cf-31 (rating ipx5)

Panasonic mengatakan bahwa toughbook cf-31 tahan air dan tahan jatuh dari ketinggian 1,2 meter. Toughbook cf-31 sendiri dilengkapi dengan intel core i5 2,4ghz, chipset intel qm57, ram 4 gb, dan layar touchscreen 13 inci. Perlu yang lebih cepat? Silahkan pilih getac b300 yang dilengkapi intel core i7, ram 8 gb, dan ssd 160 gb.

Baca lanjutannya: 13 Gadget Super Tangguh yang Benar-benar Tahan Banting (Bagian 2)

Related

Technology 128604610013454086

Recent

item