1,4 Miliar Orang di Dunia Terancam Penyakit Serius, Ini Penyebabnya


Naviri Magazine - Gaya hidup masyarakat modern tampaknya memberi dampak besar pada tingkat kesehatan. Sebagaimana kita tahu, dan mungkin kita jalani, orang-orang di zaman sekarang sangat jarang bergerak. 

Sehari-hari, ada banyak orang yang pekerjaannya hanya duduk di kantor, dan tidak beranjak ke mana-mana. Saat naik turun kantor, ketika datang atau akan pulang, mereka juga naik lift dan bukan tangga.

Kebiasaan serta gaya hidup minim gerak ini rupanya mengancam kesehatan banyak orang. Studi baru oleh Badan Kesehatan Dunia (WHO) dalam jurnal Lancet Global Health mengungkapkan bahwa sekitar 1,4 miliar orang berisiko terkena penyakit kronis, karena kurang aktivitas fisik.

Para peneliti merujuk pada rekomendasi WHO untuk berolahraga dengan intensitas moderat, setidaknya 2,5 jam atau 75 menit setiap minggu, ditambah dua hari untuk memperkuat otot.

Akan tetapi, nyatanya 32 persen wanita dan 23 persen pria tidak mencapai rekomendasi ini, walaupun telah berjalan atau bersepeda di kantor, serta melakukan aktivitas fisik ketika bekerja.

Jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya, hasil studi ini tidak jauh lebih baik. Malah data pada beberapa negara, seperti Amerika Serikat, Jerman, Brasil, dan Argentina, menjadi lebih buruk.

Lalu, sebanyak 50 persen orang dewasa di Kuwait, Arab Saudi, Samoa, dan Irak, juga ditemukan tidak cukup berolahraga.

Sebaliknya, Uganda dan Mozambik adalah dua negara yang paling aktif di dunia, dengan hanya 6 persen warganya yang tidak cukup berolahraga. Secara umum, wanita ditemukan jauh lebih pasif daripada pria, kecuali di Asia Timur dan Asia Tenggara.

Masalah serius

Menanggapi temuan WHO, Asosiasi Jantung Amerika menyebut fenomena ini sebagai “masalah serius”. Tidak cukup olahraga bisa meningkatkan risiko serangan jantung, stroke, tekanan darah tinggi, kolesterol, dan obesitas.

Untuk memenuhi rekomendasi WHO, Anda harus berolah raga setidaknya 30 menit per hari. Olahraga ini harus memiliki intensitas moderat, seperti berjalan cepat atau bersepeda. Lalu, dedikasikan dua hari untuk memperkuat tulang dan otot, dengan berlatih menggunakan beban.

Namun, jika Anda lebih banyak duduk dalam sehari, maka rekomendasi minimum ini menjadi dua kali lipat. Anda setidaknya harus melakukan latihan berintensitas moderat antara 60 hingga 75 menit dalam sehari.

Related

Health 10452580159673643

Recent

item