5 Band Legendaris yang Tidak Pernah Bersaing di Grammy Awards


Punya karya hebat dan bahkan menjadi legenda ternyata bukan jaminan untuk bisa menyabet Piala Grammy. Lima band legendaris ini bahkan tak pernah bersaing di ajang bergengsi Grammy Awards. Siapa saja?

1. Grateful Dead

Band yang dijuluki sebagai Godfather of the jam band di dunia tersebut memiliki pengaruh besar dalam berbagai genre musik di dunia. Mereka memainkan psychedelic rock, blues, rock & roll, bluegrass, country rock dan jazz. Mereka juga telah menjual lebih dari 35 juta album di dunia. 

Sayang mereka tak pernah berkesempatan untuk bersaing di ajang Grammy. Meski demikian pada 2007 silam Grateful Dead mendapatkan Grammy Lifetime Achievement Awards. Penghargaan tersebut diterima oleh dua personel mereka yaitu Mickey Hart dan Bill Kreutzman.

2. The Kinks

Band rock asal Inggris ini lahir pada 1964 dan bubar 1996. The Kinks dikenal sebagai salah satu band rock yang penting dan menginspirasi banyak musisi di eranya. Musik mereka dipengaruhi beberapa genre termasuk R&B, folk dan country. 

Puluhan juta album telah dijual mereka dan The Kinks pun telah masuk dalam Rock & Roll Hall of Fame pada 1990. Hingga kini piala Grammy belum menghampiri band tersebut.

3. Led Zeppelin

Dengan musik mereka, Led Zeppelin dinobatkan sebagai band heavy metal pertama. Led Zeppelin telah menjual lebih dari 300 juta kopi album di dunia termasuk 111,5 juta kopi album di Amerika. Semua album yang ditelurkan Jimmy Page cs berhasil menduduki Billboard Top 10.

Led Zeppelin pernah sekali masuk nominasi Grammy yaitu sebagai Best New Artist 1970 namun gagal. Mereka akhirnya mendapatkan Grammy Lifetime Achievement Award pada 2005.

4. The Doors

The Doors menjadi salah satu band kontroversi, terutama sang vokalis Jim Morrison. Lirik mereka sungguh unik dan performa Jim di panggung tak perlu disangsikan lagi. Setelah kematian Jim pada 3 Juli 1971, personel lainnya berusaha melanjutkan The Doors hingga dua tahun. 

Meski mereka hanya berjaya selama 8 tahun saja, The Doors menikmati sukses mereka hingga kini. The Doors telah menjual lebih dari 32 juta kopi hanya di Amerika saja. Setelah puluhan tahun berlalu akhirnya mereka meraih Grammy Lifetime Achiement Awards pada 2007 lalu.

5. The Who

Siapa yang tak mengenal band The Who? Atau mungkin hanya mendengar namanya saja? The Who adalah salah satu band yang memberikan pengaruh besar di musik rock pada era 60-an dan 70-an. Mereka juga termasuk dalam jajaran band rock & roll terbaik sepanjang masa. 

The Who yang punya personel pendiri Pete Towshend (gitar), Roger Daltrey (vokal), John Entwistle (bass) dan Keith Moon (drum) telah menjual sebanyak 100 juta kopi album. Namun Grammy Awards tak melirik mereka hingga sekarang.

Related

Music 8054943599169574405

Recent

item