5 Mata Uang yang Nilainya Lebih Tinggi dari Dolar AS


Naviri Magazine - Akhir-akhir ini ada beberapa negara yang terkena krisis akibat pelemahan mata uang mereka terhadap dolar Amerika Serikat (AS). Venezuela, misalnya, mengalami krisis ekonomi parah, setelah mata uang mereka (bolivar) mengalami penurunan nilai. Begitu pula Turki, yang menggunakan mata uang lira. Sementara Indonesia juga terkena dampak pelemahan mata uang rupiah.

Mata uang dari beberapa negara itu kalah oleh dolar AS, sehingga 1 dolar AS bisa bernilai sangat besar dalam kurs mata uang lokal. Berdasarkan kenyataan itu, sebagian orang pun mungkin berpikir bahwa dolar AS adalah mata uang paling kuat sekaligus paling stabil. Apakah benar begitu?

Ternyata tidak. Selain dolar, ada mata uang lain yang memiliki nilai sama besar sekaligus kuat, bahkan lebih kuat dari dolar AS. Dilansir dari fxssi.com, berikut ini adalah lima mata uang dengan nilai paling tinggi di dunia.

Kuwait - Dinar (KWD)
Kurs saat ini 1 KWD = 3,30 dolar AS

Kuwait Dinar adalah mata uang tertinggi nilainya dibanding dollar AS. Kuwait adalah negara kecil dengan kekayaan luar biasa. Kurs mata uang Kuwait yang kuat dilatari oleh ekspor minyak yang signifikan ke pasar global.

Bahrain - Dinar (BHD)
Kurs saat ini 1 BHD = 2,65 dolar AS

Bahrain adalah negara pulau Teluk Persia, dengan populasi lebih dari 1 juta penduduk. Pendapatan Bahrain terbesar datang dari ekspor minyak. Sangat menarik bahwa Dinar Bahrain dipatok terhadap nilai tukar dolar AS, dan nilainya terhadap dolar AS tetap sama selama 14 tahun.

Oman - Rial (OMR)
Kurs saat ini 1 OMR = 2,60 dolar AS

Taktik Oman yang strategis membuat negara ini memperoleh ekonomi yang maju, dan kualitas hidup yang tinggi. Oman Rial juga dipatok ke dolar AS sebagai dinar Bahrain. Hal ini menunjukkan bahwa daya beli mata uang ini sangat tinggi, sehingga pemerintah mengeluarkan uang kertas sebesar 1/4 dan 1/2 rial.

Yordania - Dinar (JOD)
Kurs saat ini 1 JOD = 1,41 dolar AS

Negara ini tidak terlalu berkembang secara ekonomi, dan tidak memilik sumber daya penting seperti minyak. Namun, nilai dinar tidak pernah kurang dari 1,41 dolar AS, yang menjadikannya salah satu mata uang paling kuat di dunia.

Eropa - Euro (€) 
Kurs saat ini 1 Euro = 1,16 dolar AS

Mata uang Euro telah menguat selama beberapa tahun terakhir. Kekuatan mata uang ini salah satunya disebabkan oleh fakta bahwa itu adalah mata uang resmi di negara-negara Eropa.

Selain itu, Euro adalah mata uang cadangan dunia kedua, yang mencakup 22,2 persen dari seluruh tabungan di dunia (dolar AS memiliki 62,3 persen).

Related

Money 8272241892966573717

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item