5 Musisi Ini Disebut Meramalkan Kematiannya Sendiri Lewat Lirik Lagu


Mungkin terdengar mengada-ada, namun lima musisi berikut ini disebut-sebut telah meramalkan kematiannya sendiri lewat lagu yang mereka nyanyikan. Percaya atau tidak, kematian mereka sepertinya sudah tertulis di dalam lirik yang mereka buat sendiri. Siapa saja?

1. Richie Rich feat. Tupac - “Niggas Done Changed”

Richie Rich di sini bukanlah karakter kartun yang sudah Anda kenal. Anda pasti tidak tahu siapa sebenarnya Richie Rich yang kami maksud. Ia adalah seorang rapper dari Oakland, California, yang terkenal akhir tahun 80an sampai awal 2000. Pria kulit hitam bernama asli Richard Serrel ini memiliki nama panggung yaitu Richie Rich.

Pada album Seasoned Veteran yang dirilis 5 November 1996, terdapat sebuah lagu berjudul “Niggaz Done Changed” yang bekerja sama dengan Tupac Shakur, rapper, aktor, aktivis, dan penyair dari AS. 

Lirik tersebut mengandung syair, “I been shot and murdered, can tell you how it happened word for word, but best believe niggas gon’ get what they deserve.”

Apa yang selanjutnya terjadi? Pac ditembak dan dibunuh, persis seperti apa yang ia katakan. Penembakan tersebut terjadi di Las Vegas setelah pertarungan Mike Tyson, pada tanggal 13 September 1966 di umur 25 tahun, yaitu enam hari sebelum ia akhirnya meninggal disebabkan oleh gagal jantung dan kegagalan pernafasan yang disebabkan oleh penembakan tersebut. 

Pada waktu itu tidak banyak orang di tempat kejadian, jadi tidak ada seorang pun yang melihat penembak tersebut dan kasus tersebut tetap masih tak terpecahkan. Belum terpecahkan bagi sebagian banyak orang. Beberapa orang lainnya yakin bahwa mereka tahu apa tepatnya yang terjadi pada waktu itu.

2. Lynyrd Skynyrd – “That Smell”

Grup musik rock asal Florida, Amerika Serikat ini popular pada tahun 70an di bawah pimpinan vokalis dan penulis lagu Ronnie Van Zant. Lagu That Smell ditulis oleh sang vokalis sebagai ungkapan kekecewaan terhadap gaya hidup gitarisnya Gary Rossington, yang memiliki masalah dengan obat-obatan dan alkohol dan mulai berpengaruh negatif terhadap band tersebut. Bagian lirik lagu That Smell yang menjadi ramalan kematian Van Zant, gitaris Steve Gaines, dan vokalis latar Cassie Gaines adalah

“Say you’ll be alright come tomorrow, but tomorrow might not be here for you. Angel of darkness upon you. The smell of death surrounds you.”

Apa yang terjadi selanjutnya? Tanggal 20 Oktober 1977, hanya tiga hari setelah rilis album yang berjudul Survivors, pesawat yang ditumpangi Lynyrd Skynyrd hancur di sebuah hutan dekat Gillsburg, Mississippi. Kalimat “the smell of death surrounds you” berarti sebuah pemandangan yang tidak mengenakkan di sekeliling Rossington yang berhasil selamat namun tiga teman bandnya, tewas.

3. Jeff Buckley – “Dream Brother”

Jeff Scott Buckley adalah penyanyi, penulis lagu, dan pemain gitar Amerika Serikat yang popular pada tahun 1991 – 1997. Lagu “Dream Brother” dari Jeff Buckley adalah tentang seorang teman yang meninggalkan pacarnya dan anaknya. Dalam lagu tersebut, ia bercerita tentang kesedihan dengan mengikuti langkah perjalanan ayahnya Buckley, Tim Buckley.
 
Ayah Buckley adalah seorang musisi muda yang menjanjikan dimana karirnya kemudian terhambat karena insiden overdosis heroin. Ia juga meninggalkan Jeff dan istrinya setelah Jeff dilahirkan. Berikut adalah penggalan lirik yang dianggap sebagai prediksi kematiannya:

“The dark angel he is shuffling in. Don’t be like the one who left behind his name. Asleep in the sand with the ocean washing over.”

Apa yang terjadi selanjutnya? “Dark angel” yang ia maksud mungkin adalah ayahnya yang ia turuti langkahnya, begitu pun dengan orang yang ia sebut pada baris kedua. Namun kalimat ketiga “Asleep in the sand with the ocean washing over” adalah berkaitan dengan kematiannya. Kurang dari tiga tahun setelah rilis lagu “Dream Brother,” Buckley meninggal. Tenggelam.

4. Hank Williams – “I’ll Never Get Out of this World Alive”

Hank Williams (17 September 1923 – January 1, 1953), lahir dengan nama Hiram King Williams, adalah seorang penulis lagu, penyanyi, sekaligus musisi yang terkenal sebagai salah satu artis musik country penting dalam sejarah.

Sesaat, tidak ada hal yang mengejutkan terkait judul lagu ini. Sudah pasti setiap orang akan meninggal. Dirilis pada tahun 1952, “I’ll Never Get Out Of This World Alive” adalah single terakhir yang ia rilis selama hidupnya. Satu baris yang dianggap prediksi kematiannya adalah:

“No matter how I struggle and strive. I’ll never get out of this world alive.”

Apa yang terjadi selanjutnya: Setelah dilaporkan berjuang dan berusaha keras, Hank Williams akhirnya meninggal dunia. Pada pagi hari tanggal 1 Januari 1953, hanya beberapa bulan setelah lagu ini dirilis, kematiannya diumumkan di ruang darurat Rumah Sakit Oak Hill.

5. Jimi Hendrix “The Ballad of Jimi”

Pada tahun In 1965, sebelum banyak orang yang mengenal siapa dia, Jimi Hendrix masuk ke sebuah studio rekaman di New York dan membuat setiap orang di dalam ruangan tersebut terheran-heran dengan nada baru tentang bagaimana pemuda bernama Jimi ini akan mati dalam lima tahun. 

“The Ballad of Jimi” dimulai dengan sebuah deklarasi dari Hendrix bahwa lagu tersebut didekasikan kepada memori sahabatnya. Bait dari lirik yang kemudian menjadi prediksi kematiannya adalah:

“Many things he would try, For he knew soon he’d die. Now Jimi’s gone, he’s not alone. His memory still lives on. Five years, this he said. He’s not gone, he’s just dead.”

Apa yang terjadi selanjutnya? Jimi Hendrix mati kelemasan dengan cara yang mengerikan. Ia muntah “chocked on vomit”. Dan ia mati lima tahun setelah rekaman “The Ballad of Jimi.” “Five years, this he said. He’s not gone, he’s just dead.”

Related

Entertainment 8959842812640974957

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item