6 Gejala Umum Omicron pada Orang yang Sudah Divaksin


Jurnal ilmiah Eropa Eurosurveillance mengungkapkan sedikitnya ada enam gejala umum Omicron yang menjangkit orang yang sudah divaksin.

Temuan itu didapatkan dari hasil penelitian sejumlah epidemiolog dan ahli penyakit menular di Norwegia. Para peneliti kerap melakukan penelitian untuk Institut Kesehatan Masyarakat Norwegia dan Departemen Mikrobiologi, Rumah Sakit Universitas Oslo.

Penelitian berlangsung pada November sampai Desember 2021 dan melibatkan 110 pasien yang terkonfirmasi positif setelah mengikuti pesta natal. Dari jumlah itu, 81 orang di antaranya tertular Omicron.

Varian virus Covid tersebut paling banyak menyasar responden dengan usia 38 tahun. Dalam penelitian itu juga disebutkan bahwa pasien Omicron, 96 persennya sudah mendapatkan vaksinasi lengkap.

"Sembilan puluh enam persen di antaranya telah divaksinasi lengkap. Temuan ini menguatkan laporan bahwa varian Omicron mungkin lebih banyak menular, dan vaksinasi itu mungkin kurang efektif dalam mencegah infeksi dibandingkan dengan Delta," dikutip dalam jurnal tersebut pada Minggu (20/2).

Adapun enam gejala umum yang menjangkiti pasien yang sudah mendapat vaksin di antaranya:

1. Batuk (83%)
2. Pilek/hidung tersumbat (78%),
3. Kelelahan/lesu (74%)
4. Sakit tenggorokan (72%)
5. Sakit kepala (68%)
6. Demam (54%)

Sementara itu, hasil penelitian awal tersebut mengatakan belum diketahui berapa lama durasi gejala tersebut menjangkit pasien.

"Durasi gejala tidak dapat diperkirakan secara akurat. Dari 80 kasus bergejala masih mengalami gejala pada saat wawancara," ungkapnya.

Related

Health 2712092287215634065

Recent

Hot in week

item