7 Video Musik yang Paling Berpengaruh di Kancah Musik K-Pop


Apakah ada yang bisa membayangkan K-Pop tanpa video music? Mulai dari PSY hingga Girls Generation, video music seolah sudah menjadi identitas dari bintang K-Pop yang ada. 

Music video saat ini mungkin bahkan lebih penting daripada lagu yang dirilis. Saat ini fans lebih dahulu melihat music video daripada membeli CD seperti 10 tahun silam, atau men-download MP3.

Demikian banyak music video K-Pop dari masa lalu yang cukup berpengaruh pada masanya. Berikut 7 musik video yang paling berpengaruh di kancah musik K-Pop.
 
1. Jo Sung Mo – To Heaven 

Tak bisa dipungkiri, ini merupakan salah satu music video paling penting di kancah music K-Pop. Ini adalah awal perubahan dari music video yang simple menjadi sebuah petualangan sinematik. 

Video ini dibintangi oleh Lee Byung Hyun dan Kim Haneul yang saat itu masih seorang pendatang baru. Satu film pendek dengan cerita yang cukup memilukan dihadirkan. Music video ini turut mengantar Jo Sung Mo menjadi salah satu artis terbesar di kancah music K-Pop kala itu.
 
2. Seo Taiji and Boys – Victory

Ada juga music video dari bintang legendaris Seo Taiji and Boys. Music video yang paling berpengaruh tersebut merupakan single kedua dari album keempat mereka VICTORY. 

Music video ini penting artinya karena di tengah banyaknya music video drama di era 90-an, Seo Taiji and Boys hadir dengan gebrakan konsep gerilya ala musisi rock. Ini merupakan music video paling cool dari musik K-Pop kala itu.
 
3. Park Ji Yoon – Coming of Age Ceremony

Music video Park Ji Yoon, Sung In Shik (Coming of Age Ceremony) ini merupakan video yang menjadi skandal paling menyita perhatian kala itu. Sebelumnya konsep seksual memang menjadi bagian dari music K-Pop, namun disampaikan secara tersirat. 

Namun berbeda, dalam video klip Park Ji Yoon ini ia menghadirkannya secara jelas dengan baju dan dance seksi.

4. Rain - It's Raining 

Sebelumnya Rain memang telah memiliki banyak single hit, namun tak bisa dipungkiri lagu ini menjadikannya salah satu bintang terbesar. Ia memadukan dance unik dengan beat original J.Y Park menjadi salah satu music video terbaiknya di kancah musik K-Pop classic sehingga ia mulai mendapat pengakuan internasional.

5. Kiss - Because I'm A Girl

Music video ini cukup menyentuh. Banyak orang mulai mendengarkan music K-Pop karena lagu ini. Kombinasi suara lembut KISS, melodi yang indah dan konsep drama yang menyentuh membuat klip ini begitu berbeda.

6. Wonder Girls - Nobody 

Music video ini mulai menjadi bahasan di blog Amerika. Tak berapa lama K-Pop mulai menjadi hit di Amerika. Gaya musik retro, desain unik serta konsep yang catchy menjadi daya tarik kuat dari klip Wonder Girls ini. Klip Wonder Girls ini seolah menjadi baju pijakan pertama untuk kesuksesan music video K-Pop lain di Amerika dewasa ini.
 
7. PSY - Gangnam Style 

Music video PSY ini memang sudah terlalu banyak dibahas, dan mungkin sedikit berlebihan dari porsi yang seharusnya. Namun tidak bisa dipungkiri pengaruh music video ini begitu besar. PSY seolah mampu menembus berbagai budaya di dunia sehingga music videonya bisa diterima secara luas.

Related

Music 980711906661511486

Recent

item