Ade Armando: Suara Masjid Memang Kerap Bikin Masalah, Wajah Buruk Islam Indonesia


Dosen Komunikasi Universitas Indonesia Ade Armando angkat suara soal polemik pengeras suara Masjid/Musala. Menurut Ade Armando, memang benar bahwa suara masjid kerap kali membuat masalah di Indonesia.

Bahkan, ia menyebut bahwa suara serampangan dari masjid dan musola adalah wajah buruk yang memalukan dari Islam di Indonesia.

Diketahui, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menerbitkan edaran yang mengatur penggunaan pengeras suara di masjid dan musala. Keputusan ini menuai pro kontra dari berbagai pihak.

Atas hal itu, Ade Armando menyatakan aturan ini sangat penting bagi Indonesia.

“Mengapa penting, karena suara dari masjid memang kerap bikin masalah,” tuturnya dilansir dari video di kanal YouTube Cokro TV, yang berjudul ‘Dilarang Suara Azan yang Ganggu Kenyamanan’.

Ade menyebut suara serampangan dari masjid dan musola adalah wajah buruk yang memalukan dari Islam di Indonesia. Ia pun berharap surat edaran ini bisa benar-benar dijalankan secara konsisten.

Nah, Aturan ini tertuang dalam Surat Edaran Menteri Agama No SE 05 tahun 2022 tentang Pedoman Penggunaan Pengeras Suara di Masjid dan Musala. Pedoman tersebut diterbitkan sebagai upaya meningkatkan ketenteraman, ketertiban, dan keharmonisan antarwarga masyarakat.

Menteri Agama Yaqut Cholil membedakan pengeras suara terdiri atas pengeras suara dalam dan luar. 

Pengeras suara dalam merupakan perangkat pengeras suara yang difungsikan/diarahkan ke dalam ruangan masjid/musala. Sedangkan pengeras suara luar difungsikan/diarahkan ke luar ruangan masjid/musala.

Selama ini kata Ade, yang kerap menjadi masalah adalah pengeras suara yang diarahkan keluar masjid.

“Selama ini kita sering dengar pengeras suara yang memekakkan telinga. Apalagi suara itu datang dari dua atau lebih masjid dan musala yang saling berdekatan. Mereka seperti berlomba bikin bising,” terangnya.

“Seolah-olah semakin keras suaranya semakin besar pula pahalanya,” tegasnya. 

Related

News 4880856704107907659

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item