Cara Cek Tunggakan BPJS Kesehatan dan Cara Bayar BPJS Kesehatan


Berikut ini cara mengecek tunggakan BPJS Kesehatan, dan cara membayar BPJS Kesehatan. Jangan sampai BPJS Kesehatan Anda dibekukan karena telat membayar iuran.

Ada baiknya kita melengkapi benefit dari BPJS Kesehatan dengan benefit asuransi jiwa. Sebab benefit asuransi jiwa dialihkan ke ahli waris (yang kamu pilih) dalam bentuk uang pertanggungan, sebagai sokongan finansial apabila kamu meninggal akibat risiko tak terduga.

Berikut cara cek tunggakan BPJS kesehatan:

1. Cek tagihan BPJS melalui WA (WhatsApp)

Layanan ini disebut Chat Assistans JKN (CHIKA) yang bisa kamu akses di nomor telepon 08118750400 di WhatsApp. Berikut langkah dan cara cek tunggakan BPJS mandiri lewat WA:

Kirim pesan apa pun ke WA CHIKA, pesan akan dibalas otomatis.

Pilih menu Cek Tagihan Iuran dengan cara mengetik angka “2” lalu kirim pesan.

Balas pesan dengan mengetikkan nomor peserta BPJS Kesehatan atau Nomor Induk Kependudukan (NIK) kamu.

Selanjutnya kamu akan diminta untuk membalas pesan dengan tanggal lahir. Format yang diminta adalah yyyy-mm-dd atau tahun-bulan-tanggal lahir.

CHIKA akan membalas pesan dengan informasi tagihan kamu. Apabila kamu terdaftar sebagai Pekerja Penerima Upah, kamu akan diimbau untuk menghubungi HRD perusahaan untuk mengetahui tagihan.

2. Cara cek tunggakan BPJS Kesehatan lewat HP dengan SMS

Untuk cek tunggakan BPJS dengan KTP via SMS, berikut ini yang peserta BPJS Kesehatan lakukan.

Kirim SMS dengan mengetik: NIK<spasi>NOMOR INDUK KEPENDUDUKAN KTP. Contoh: NIK 357303131090. Kirim ke nomor 087775500400.

Alternatif lain adalah kirim SMS dengan mengetik: NOKA<spasi>NOMOR KARTU BPJS KESEHATAN. Contoh: NOKA 0001260949310. Kirim ke nomor 087775500400.

3. Cek BPJS melalui nomor virtual account

Selanjutnya adalah cara cek tunggakan BPJS online menggunakan nomor virtual account.

Sebagai peserta BPJS Kesehatan, kamu akan diberikan nomor kartu dan nomor rekening virtual (virtual account). Nomor kartu ini berguna untuk pengecekan tagihan dan status keanggotaan kalau kamu ternyata lupa atau terlambat membayar iuran.

Sementara nomor rekening virtual berguna untuk pembayaran iuran karena ada banyak cara, baik konvensional maupun platform digital, untuk membayar iuran BPJS Kesehatan.

BPJS Kesehatan memiliki nomor virtual account di bank tersebut. Nomor VA ditambah nomor di kartu peserta itulah yang menjadi nomor tujuan kamu membayar iuran.

Jika kamu kehilangan kartu tersebut dan lupa nomornya, kamu tidak bisa membayar iuran.

Nomor VA sendiri bisa berbeda antara bank yang satu dan bank yang lain. Untuk bank BRI dan BNI, nomor VA-nya adalah 88888, sedangkan untuk bank Mandiri nomor VA-nya adalah 89888.

Kita langsung kasih contoh saja biar kamu paham. Anggap saja kamu mau membayar iuran BPJS Kesehatan lewat Bank Mandiri. Misalnya, nomor kepesertaan kamu 0001234567890, nomor tujuan transfer kamu adalah 8988801234567890.

4. Cek BPJS melalui aplikasi Mobile JKN

Cara mengecek tunggakan BPJS lewat HP selanjutnya dapat lewat aplikasi smartphone mobile JKN, berikut ini langkah-langkahnya:

Unduh terlebih dahulu di App Store atau Play Store.
Masukkan nomor BPJS dan alamat email.
Pilih menu Tagihan
Pilih Premi.
Jumlah tunggakan BPJS akan muncul.

5. Cek tagihan BPJS online lewat aplikasi lainnya

Saat ini sudah banyak aplikasi yang menyediakan layanan pembayaran berbagai tagihan, termasuk BPJS. Biasanya merupakan e-commerce atau platform dompet digital. Ini termasuk aplikasi Gojek, OVO, Shopee, Tokopedia, dan masih banyak lagi.

Buka aplikasi.
Cari fitur bayar tagihan.
Pilih BPJS Kesehatan.
Masukkan nomor peserta BPJS.
Pilih bulan yang ingin dicek tagihannya.
Tagihan akan muncul.

Cara bayar BPJS Kesehatan:

1. Bayar di Kantor BPJS kesehatan

Bayar di ATM BRI, BNI, Bank Mandiri, BTN, BCA
Bayar di Kantor Pos
Bayar di Indomaret dan Alfamart
Bayar di loket pembayaran multitagihan
Bayar melalui e-commerce
Bayar lewat mobile banking

2. Bayar di ATM BRI, BNI, Bank Mandiri, BTN, BCA

Kalau kamu gak sempat datang ke kantor BPJS Kesehatan, melakukan pembayaran melalui ATM bisa jadi pilihan.

3. Bayar di Kantor BPJS kesehatan

Kalau kamu memang berdomisili di dekat kantor BPJS Kesehatan, akan lebih baik kalau kamu datang langsung ke kantor ini. Cukup mendatangi loket untuk membayar tagihan iuran kamu.

4. Bayar di Indomaret dan Alfamart

Dua minimarket yang terkenal ini juga menyediakan fasilitas pembayaran iuran BPJS Kesehatan. Sembari jajan, kamu bisa dengan mudah mampir ke minimarket ini karena jumlahnya yang cukup banyak dan tersebar di berbagai kawasan perkotaan.

5. Bayar di Kantor Pos

Buat yang tinggal di daerah dan jauh dari fasilitas ATM, pemerintah juga sudah mempermudah dengan membayar di Kantor Pos terdekat. Tentunya ini akan mempermudah warga yang tinggal di pedesaan.

6. Bayar melalui e-commerce

E-commerce besar, seperti Tokopedia, Bukalapak, dan Traveloka sekarang juga sudah menyediakan fasilitas pembayaran BPJS Kesehatan.

7. Bayar di loket pembayaran multitagihan

Awalnya loket ini hanya untuk membayar tagihan listrik, tapi sekarang fungsinya sudah bermacam-macam termasuk membayar iuran BPJS Kesehatan. Memang gak semua loket menyediakan fasilitas ini, tapi kamu bisa menanyakannya pada petugas setempat.

8. Bayar lewat mobile banking

Beberapa bank seperti Mandiri dan BRI sudah memiliki layanan pembayaran iuran BPJS Kesehatan melalui aplikasi mobile banking-nya.

Demikian cara cek tunggakan BPJS Kesehatan dan cara bayar BPJS Kesehatan.

Related

Tips 2261479476997534541

Recent

item