Cara Mendapatkan TV Digital Gratis yang Dibagikan Mulai 15 Maret


Untuk memudahkan masyarakat menangkap siaran TV digital saat siaran TV analog dihentikan, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) akan membagikan perangkat Set Top Box (STB) gratis TV digital kepada masyarakat.

Estimasi 6,7 juta STB gratis akan disalurkan kepada rumah tangga miskin yang terbagi ke dalam tiga Tahap sesuai proses migrasi TV analog ke digital.

Sejauh ini, sebanyak 3.203.854 atau 3,2 juta STB telah tersedia dan akan didistribusikan ke ke 166 kabupaten/kota yang terdampak pada Analog Switch Off (ASO) Tahap 1 ini.

Kominfo dan penyelenggara multipleksing (mux) telah menetapkan bahwa 15 Maret hingga 30 April 2022 sebagai waktu pembagian set top box gratis TV digital tersebut.

Plt Dirjen PPI Kementerian Kominfo, Ismail mengatakan, distribusi STB gratis tersebut dilakukan secara door to door alias dari pintu ke pintu penerima bantuan. Di saat bersamaan dilakukan verifikasi dan validasi data.

"Kami rencanakan set top box ini langsung dibawa dan divalidasi. Kalau divalidasi lalu dibawa itu cost-nya bisa dua kali," ujar Ismail.

Penghentian siaran TV analog akan dilakukan tiga tahap, dimulai Tahap 1 pada 30 April 2022 meliputi 56 wilayah mencakup 166 Kabupaten/Kota. ASO Tahap 2 pada 31 Agustus 2022 di 31 wilayah mencakup 110 Kabupaten/Kota. Dan, ASO Tahap 3 pada 2 November 2022 di 25 Wilayah mencakup 63 Kabupaten/Kota.

Ini syarat mendapatkan set top box TV digital gratis:

Rumah tangga miskin dengan TV analog

Syarat pertama yang menerima bantuan ini adalah rumah tangga miskin yang sudah punya TV analog di rumahnya. Agar nantinya usai digitalisasi penyiaran, mereka bisa merasakan pengalaman siaran TV digital.

Lolos proses validasi dan verifikasi

Petugas yang melakukan distribusi kemudian validasi serta verifikasi penerima bantuan sesuai data pemerintah. Proses itu dicocokkan dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK).

Bila tidak sesuai dengan kriteria penerima bantuan, maka set top box gratis tersebut dikembalikan ke gudang.

Namun jika sesuai kriteria, maka petugas melakukan serah terima bantuan set top box gratis TV digital, serta dilakukan instalasi perangkat tersebut ke TV analog penerima manfaat sampai berfungsi dengan baik.

"Setiap set top box ketika dihubungkan pertama kali ke pesawat televisi, itu akan keluar QR Code. Ini cara validasi untuk meyakinkan agar bantuan tersebut diterima oleh orang yang tepat," tutur Ismail.

Berikut mekanisme distribusi set top box gratis TV digital:

Pengiriman ke lokasi di kabupaten/kota. Masuk gudang penyelenggara pos/logistik di 341 kabupaten/kota.

Pengiriman door to door ke rumah tangga miskin sebagai penerima bantuan
Petugas melakukan verifikasi dan validasi data penerima bantuan dengan menyertakan KTP dan KK dan kepemilikan TV di rumah. Bila tidak sesuai, maka STB gratis ini kembali ke gudang.

Petugas melakukan serah terima detikers yang menerima bantuan set top box gratis TV digital, serta dilakukan instalasi perangkat. sampai beroperasi dan bergfungsi dengan baik.

Petugas memindai QR Code melalui WhatsApp di layar TV yang sudah diinstalasi dengan STB. Lalu, petugas menginput nama, NIK/KK, alamat, foto penerima bantuan & KTP melalui WhatsApp.

Petugas menyiapkan berita acara serah terima kepada detikers yang sah dan dapat dipertanggungjawabkan.

Related

News 7178881241156931846

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item