Curhat Pedagang Gorengan Gulung Tikar Imbas Minyak Goreng Mahal


Ketersediaan minyak goreng di Provinsi Aceh semakin langka. Bahan pokok itu kini semakin sulit ditemui sehingga menyulitkan masyarakat kelas bawah akibat ada permainan pemasok minyak goreng atau distributor dan pedagang lokal. 
 
Seorang pedagang jajanan gorengan di Kabupaten Pidie bernama Mauluddin, mengaku sulit menemukan minyak goreng di toko ataupun warung langganannya. 
 
"Bukan saja minyak kemasan, tapi lebih langka lagi minyak goreng curah. Di Kota Sigli, ibu kota Kabupaten Pidie saja, minyak sempat langka. Apalagi di kampung yang jauh dari jangkauan pemasok barang, itu bisa lebih sulit lagi mencarinya," kata Mauluddin yang biasanya berdagang gorengan di pinggiran jalan depan Masjid Agung AL-Falah Sigli, Kabupaten Pidie dikutip dari Media Indonesia, Kamis, 10 Februari 2022.

Mauluddin menambahkan, di beberapa distributor, stok minyak goreng cukup banyak namun mereka tidak sudi melepas ke konsumen. Pasalnya para pengusaha itu ingin menghabiskan dulu minyak di pasaran yang harga tinggi mencapai Rp19.000 hingga Rp22.000 per liter.
 
"Mereka menahan minyak goreng di gudang, bertujuan supaya minyak bermodal besar dihabiskan dulu dari pasar. Nanti saat menyalur minyak murah bersubsidi, tentu yang modal tinggi dipasaran sudah habis terjual sebelumnya," tutur Mauluddin.
 
Akibat kelangkaan minyak goreng, puluhan pengrajin kue rumah tangga, penjual gorengan, dan penjual ayam goreng terpaksa tidak berjualan sekarang. Mereka harus gulung tikar atau menunda berjualan sementara, hingga harga minyak goreng stabil dan terkendali. 
 
"Saya juga sempat tidak berjualan karena sulit mendapatkan minyak goreng. Apalagi kalau harga minyak goreng seperti ini, hasil dagangan sering rugi. Kalau terus seperti sekarang, mungkin akan libur lagi jualannya," tambah Mauluddin. 
 
Krisis minyak goreng sekarang bukan hanya di Kabupaten Pidie, tapi lebih parah lagi di pedalaman atau perkampungan terisolasi. Kondisi yang sama juga terjadi hampir di seluruh kabupaten/kota di Provinsi Aceh.

Related

News 4578211380497517677

Recent

item