Hati-hati, Sakit Punggung Juga Bisa Jadi Gejala Omicron


Gejala Omicron sakit punggung memang bisa dialami oleh pasien yang terinfeksi Covid-19 varian tersebut.

Sakit punggung menjadi salah satu gejala yang sering dirasakan pasien omicron selain nyari otot, demam, pilek, batuk parau, dan kelelahan. Sakit punggung yang dialami lebih kepada sakit punggung di bagian bawah atau disebut lower back pain.

Ahli Paru dan Sekretaris Umum Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI), Erlang Samoedro mengatakan sakit punggung yang dialami pasien Covid-19 varian Omicron terjadi karena demam yang dialami pasien.

"Ini memang bisa terjadi, karena demam dan badan juga sakit seluruhnya, nah munculah sakit punggung," kata Erlang.

Nyeri persendian hingga demam memang jadi salah satu gejala yang umumnya dialami pasien Covid-19 varian Omicron. Dan punggung adalah salah satu lokasi yang paling mungkin terdampak.

"Rasanya pegal di bagian belakang, itu bisa terjadi karena persendian di punggung terdampak," katanya.

Dilansir dari Times of India, nyeri otot memang jadi gejala umum virus corona. Bahkan saat terpapar Omicron, orang juga bisa mengalami nyeri otot disertai sesak.

Seorang dokter di Afrika juga menyebut kebanyakan pasien yang datang membawa keluhan sakit otot yang dikenal dengan istilah myalgia. Bahu juga menjadi salah satu bagian tubuh yang mudah merasakan sakit saat terpapar Omicron.

Rasa sakit di bahu muncul dengan rasa kaku hingga mati rasa. Meningkatnya kasus nyeri tubuh ini bisa disebabkan oleh banyak faktor, misalnya karena mediator inflamasi atau mungkin varian mutan lebih mempengaruhi sistem muskuloskeletal daripada varian sebelumnya.

Ketika virus mempengaruhi sistem muskuloskeletal, biasanya mempengaruhi otot, tulang, sendi, dan ligamen, yang menyebabkan rasa sakit dan nyeri. Meskipun nyeri tubuh sangat umum dalam kasus varian Omicron, itu tidak dianggap sebagai lima gejala utama infeksi virus. Hidung meler, sakit kepala, lelah, bersin, dan sakit tenggorokan adalah gejala awal Omicron yang harus Anda waspadai.

Gejala omicron sakit punggung juga harus diwaspadai saat muncul di awal-awal infeksi.

Related

Health 7332303139082983019

Recent

item