Hiu, Hewan Tertua Dunia yang Menjadi Raja di Lautan


Naviri Magazine - Jika singa menjadi raja di hutan, maka hiu menjadi raja di lautan. Selain ukuran tubuhnya yang sangat besar—mencapai panjang 50 kaki—hiu juga dianggap sebagai raja lautan karena merupakan salah satu dari kelompok makhluk hidup tertua yang pernah hidup di bumi hingga saat ini. 

Beberapa sisa fosil hiu ditemukan telah berumur sekitar 250 juta tahun yang lalu.

Hiu adalah ikan air laut yang termasuk ke dalam kelas Chondrichthyes, dan merupakan ikan paling gesit sekaligus berbahaya di laut, meski ada beberapa spesies yang tidak berbahaya. 

Struktur tulang hiu lebih banyak tersusun dari jaringan tulang rawan daripada jaringan tulang keras, sementara permukaan kulitnya dilapisi sisik-sisik kecil yang kasar menyerupai amplas.

Ada sekitar 400 jenis hiu yang ada di dunia. Beberapa ada yang tumbuh sangat besar, namun sebagian lainnya hanya tumbuh sepanjang 3 kaki. Karena daging dan kulitnya memiliki harga jual yang mahal, hiu pun pernah menjadi objek buruan besar-besaran, sampai kemudian lahir pelarangan perburuan hiu untuk mencegah kepunahan hewan-hewan itu.

Related

Science 4436664135256077164

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item