Ikan Primitif dari Zaman Purba yang Masih Hidup Hingga Kini


Naviri Magazine - Dalam salah satu film Hollywood—berjudul Dinoshark—diceritakan munculnya ikan dari zaman purba yang kembali hidup di masa kini akibat terjadinya retakan es yang sebelumnya membekukannya. Namun, sebenarnya, di dunia nyata juga terjadi hal yang tak jauh beda.

Coelacanth adalah ikan raksasa primitif yang sebelumnya hanya dikenal para ilmuwan melalui fosil-fosilnya, dan dipercaya bahwa ikan jenis tersebut telah mati alias punah berjuta-juta tahun yang lalu. 

Namun, pada tahun 1938, spesimen hidup dari spesies yang telah punah jutaan tahun lalu itu ditemukan di dekat Afrika Selatan. Pada tahun 1998, spesies ikan tersebut juga ditemukan di perairan pulau Manado Tua, Sulawesi Utara, Indonesia.

Pada saat ini, para ilmuwan yang mampu menyelam hingga ke dasar laut telah mempelajari Coelacanth yang hidup di dasar laut, di dekat pulau Madagaskar. Coelacanth merupakan ikan raksasa dengan sisik berwarna biru dan sirip yang keras, yang mungkin mereka gunakan untuk berdiam di dasar lautan.

Related

Animals 3159589255363982359

Recent

Hot in week

item