Inilah Burung Paling Tinggi dan Paling Berat di Dunia


Naviri Magazine - Burung apa yang paling tinggi? Burung unta dianggap burung yang paling tinggi, karena dapat tumbuh hingga mencapai 2,5 meter. 

Burung unta tidak dapat terbang, namun dapat berlari hingga 70 kilometer per jam. Ia juga memiliki tendangan kaki yang sangat kuat, sehingga hewan lain yang mencoba memangsanya dapat terpental jauh jika tertendang. Karena memiliki ukuran tubuh yang sangat besar—jika dibanding burung umumnya—burung unta memiliki telur yang besarnya 24 kali ukuran telur ayam. 

Burung unta betina memiliki kelebihan yang unik. Ia dapat mengenali telurnya sendiri, meski telur-telur itu telah bercampur dengan telur burung unta yang lain.

Burung apa yang paling berat di dunia?

Di Afrika Timur dan Selatan ada jenis burung yang disebut kori bustard, yang rata-rata memiliki berat 14 kilogram. Spesimen terbesar burung tersebut diketahui memiliki berat lebih dari 18 kilogram—sehingga praktis menjadi burung paling berat di dunia.

Karena beratnya tubuh mereka, terbang menjadi aktivitas yang memberatkan, sehingga burung kori bustard hanya terbang jika keadaan mendesak, dan mereka pun hanya terbang dalam jarak dekat.

Related

Animals 7141987724548117318

Recent

item