Kisah Marie Curie, Wanita Pertama yang Menerima Hadiah Nobel


Naviri Magazine - Maria Sklodowska-Curie, atau yang lebih dikenal dengan sebutan Marie Curie, adalah ilmuwan kelahiran Warsawa, Polandia, 7 November 1867. Ia menjadi wanita pertama yang menerima hadiah Nobel. Nobel dalam bidang fisika itu diterimanya bersama Pierre Curie (suaminya), dan Henry Becquerel, pada 1903.

Henry Becquerel adalah ilmuwan yang dikenal sebagai Bapak Fisika Nuklir dan Bapak Fisika Atom Modern. Ia menemukan radioaktivitas, sedangkan suami-istri Curie menyelidiki penemuannya secara lebih lanjut hingga menghasilkan plutonium. Ketiganya warga Prancis.

Pada tahun 1911, Marie Curie kembali menerima Nobel, kali ini untuk bidang kimia. Penghargaan itu diperolehnya atas penemuannya mengenai medium murni, yang membuka jalan untuk penemuan lain, semisal neutron dan radioisotop.

Marie Curie menerapkan penemuannya untuk tujuan menyembuhkan penyakit, namun ia sendiri meninggal dunia karena leukemia yang diakibatkan oleh radiasi. Ia meninggal dunia pada 4 Juli 1934.

Related

Figures 1972809126400626483

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item