Makanan-makanan yang Bisa Menyebabkan Gigi Keropos


Salah satu tanda dari gigi keropos adalah rasa tidak nyaman atau ngilu saat mengonsumsi makanan tertentu. Biasanya, rasa ngilu akan muncul saat mengunyah atau memasukkan makanan yang bisa mengikis enamel gigi, salah satunya es. Hal itu yang kemudian menyebabkan orang dengan gigi keropos rentan mengalami ngilu saat minum es. 

Enamel merupakan lapisan terluar gigi yang berfungsi melindungi. Selain itu, lapisan ini juga bisa membantu mencegah kerusakan gigi. Nah, fungsi ini bisa terganggu saat lapisan enamel semakin terkikis akibat konsumsi makanan dan minuman tertentu. 

Gigi keropos memiliki gejala khas berupa rasa ngilu, karena gigi jadi sensitif dan jadi lebih mudah patah. 

Ada beberapa jenis makanan yang bisa meningkatkan risiko gigi keropos. Agar terhindar dari kondisi gigi keropos, sebaiknya hindari konsumsi berlebih pada jenis makanan berikut ini: 

Es Batu 

Minum es atau makanan dan minuman yang dingin secara berlebihan ternyata bisa memengaruhi kondisi gigi. Salah satu kebiasaan yang bisa menyebabkan gigi keropos adalah mengunyah sesuatu yang keras dan dingin, seperti es batu. Hal ini menyebabkan lapisan enamel rusak dan gigi pun rentan terkelupas bahkan patah. 

Roti 

Berlebihan dalam mengonsumsi roti ternyata bisa menjadi salah satu penyebab gigi mudah keropos. Hal ini terjadi karena saat mengunyah roti, air liur di dalam mulut akan memecah zat pati menjadi gula. 

Saat mengunyah, roti bisa menempel di sela-sela gigi dan mengundang bakteri. Hal itu kemudian menyebabkan gigi berlubang dan mudah keropos. 

Makanan Manis 

Makanan manis juga bisa meningkatkan risiko gigi keropos. Kandungan gula yang ada pada jenis makanan ini bisa menumpuk di gigi dan mengundang bakteri. 

Untuk menghindarinya, sebaiknya batasi konsumsi makanan manis, seperti kue dan permen. Bakteri yang mengendap bersama gula akan membentuk zat asam yang membuat gigi rusak dan keropos. 

Buah Asam 

Pengikisan lapisan enamel juga bisa terjadi karena konsumsi buah yang memiliki rasa asam, dan tentu saja mengandung zat asam. Jika kamu ingin mengonsumsi buah asam, seperti jeruk dan lemon, biasakan untuk selalu membilas mulut dengan minum air putih setelahnya. 

Soda 

Mengonsumsi minuman bersoda juga berpotensi merusak gigi. Berlebihan dalam mengonsumsi minuman ini bisa membentuk plak gigi dan memproduksi asam lebih banyak. Pada akhirnya, zat asam tersebut akan mengganggu dan membuat lapisan enamel gigi terkikis. 

Related

Health 6545284432837079776

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item