Mengapa Tidak Ada Negara yang Menyelamatkan Ukraina dari Serangan Rusia?


Ternyata ini alasan mengapa tidak akan ada satu negara pun di dunia yang akan datang untuk menyelamatkan Ukraina dari serangan militer Rusia. 

Namun jangan salah paham, karena seminggu terakhir banyak negara yang telah membantu Ukraina dalam hal-hal seperti peralatan medis dan penerimaan pengungsian. 

Tetapi tidak akan ada negara yang bakal membantu Ukraina untuk mempertahankan wilayahnya dari serangan Rusia. Karena ternyata Ukraina bukanlah bagian dari North Atlantic Treaty Organization (NATO). 

NATO adalah aliansi militer yang dibentuk pada tahun 1949 oleh 12 negara termasuk Amerika Serikat, Kanada, Inggris, dan Prancis. Di mana para anggota NATO telah setuju untuk saling membantu jika terjadi serangan militer terhadap salah satu anggotanya. 

Bahkan perwakilan NATO baru-baru ini menyatakan bahwa mereka tidak akan terlibat dalam peperangan melawan Rusia kecuali salah satu anggotanya diserang. 
        
Joe Biden bahkan bersama pemimpin negara lainnya telah bersumpah untuk membela negara-negara yang menjadi bagian dari NATO. Dalam pidatonya, Joe Biden mengatakan bahwa ambisi Vladimir Putin jauh lebih besar dari sekadar merebut Ukraina. 

Menurut orang nomor satu Amerika Serikat itu, Putin ingin mendirikan kembali bekas Uni Soviet. Oleh karena itu ribuan tentara Amerika Serikat saat ini telah dikerahkan ke Polandia untuk berjaga-jaga jika terjadi sesuatu. 

Lantas apa yang membuat semua ini jadi lebih buruk? 

Ukraina ternyata sebelumnya telah menyatakan keinginannya untuk bergabung dengan NATO. Namun hal tersebut ditentang oleh banyak gerakan oposisi Rusia yang berada di Ukraina. 

Mereka menentang keinginan Ukraina tersebut, karena ekspansi NATO disebut-sebut mengarah ke negeri timur. 

Related

News 4863549799068236777

Recent

Hot in week

item