Mengenal Émile Zola, Penulis Kontroversial Prancis Abad 19


Naviri Magazine - Lahir di Paris, 2 April 1840, Émile Zola adalah penulis dan kritikus Prancis yang dianggap tokoh penting dalam aliran naturalisme fiksi/sastra, serta tokoh terkemuka dalam liberalisasi politik di Prancis.

Namanya menjadi buah bibir internasional ketika ia menulis surat terbuka yang diterbitkan di surat kabar L’Aurore, pada tanggal 13 Januari 1898. Pada waktu itu, pengadilan Prancis tengah menyidangkan Alfred Dreyfus, seorang perwira Yahudi Prancis, dengan tuduhan terlibat spionase. 

Sidang pengadilan itu menarik perhatian banyak orang, dan dikenal sebagai Peristiwa Dreyfus. Zola meyakini Dreyfus tidak bersalah, dan ia menulis surat terbuka ke surat kabar, sebagai upaya pembelaannya.

Surat berjudul “J’accuse (Aku Menuduh)” itu segera menyedot perhatian publik, dan Zola ditangkap dengan tuduhan menyebarkan fitnah melalui tulisannya. Ia dijatuhi hukuman penjara, namun kemudian melarikan diri ke Inggris. 

Sepanjang hidupnya, Zola telah menulis karya-karya penting, di antaranya “The Miller’s Daughter”, “Contes á Ninon”, “Thérèse Raquin”, dan “Captain Burle”. Sedang karyanya yang dianggap paling hebat adalah “Les Rougon-Macquart” yang merupakan serial dari 20 novel. Pencapaian itu menjadikan Zola sebagai penulis paling berpengaruh di Prancis.

Émile Zola meninggal dunia pada 29 September 1902.

Related

Figures 896032592995944734

Recent

item