Mengenal Pesut Mahakam, Hewan Asli Kalimantan Timur


Naviri Magazine - Pesut Mahakam adalah spesies pesut yang ditemukan pertama kali di sungai Mahakam, Kalimantan Timur, Indonesia. 

Pesut Mahakam dapat ditemui di sepanjang aliran sungai Mahakam, mulai dari Kabupaten Kutai Kartanegara hingga pedalaman Kutai Barat. Hanya saja, populasinya saat ini sudah berkurang dan terancam punah. Tidak diketahui dengan pasti berapa populasinya.

Populasi hewan ini terus menyusut akibat habitatnya terganggu, terutama makin sibuknya lalu-lintas perairan sungai Mahakam, serta tingginya tingkat erosi dan pendangkalan sungai akibat pengelolaan hutan di sekitarnya. 

Kelestarian pesut Mahakam juga diperkirakan terancam akibat terbatasnya bahan makanan mereka, yaitu udang dan ikan, karena harus bersaing dengan para nelayan di sepanjang sungai Mahakam. 

Di masa sekarang, hewan yang dilindungi ini hanya terdapat di tiga lokasi di dunia, yakni sungai Mahakam (Kalimantan Timur, Indonesia), sungai Mekong di Cina, dan sungai Irawady di Myanmar.

Related

Science 1440262581247143794

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item