Mengenal Rio Tinto, Sungai Indah dengan Sejarah Masa Lalu di Spanyol


Naviri Magazine - Bisa dibilang, Sungai Rio Tinto adalah keindahan yang bermasalah. Sungai ini mengalir di sepanjang selatan sampai barat daya Spanyol, dan memiliki keindahan berupa air yang berwarna merah kekuningan. 

Sekilas, warna air itu menakjubkan dan indah. Namun, yang jadi masalah, warna indah itu dihasilkan oleh tingkat keasaman yang tinggi dan besi yang larut dalam air. Dengan kata lain, air di sungai ini tidak sehat.

Sungai Rio Tinto sebenarnya memiliki potensi sumber daya mineral di dalamnya. Kekayaan mineral itu bahkan telah mulai dieksplorasi oleh bangsa Yunani, Romawi, Moor, Funisia, dan Visigoth, sejak 3000 SM, sebagai bahan baku membuat uang logam, peralatan perang, peralatan rumah tangga, dan lain-lain. 

Aktivitas pertambangan selama ribuan tahun itu meningkatkan konsentrasi logam berat di Sungai Rio Tinto, hingga mengakibatkan kerusakan lingkungan yang parah. 

Related

Traveling 4946668722833745608

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item