Mengenali Gejala Kanker Getah Bening dan Makanan-makanan Penyebabnya


Jarang diketahui, sejumlah makanan yang sering dikonsumsi setiap hari ternyata bisa memicu kanker kelenjar getah bening. 

Pola makan merupakan salah satu faktor paling besar penyebab timbulnya penyakit. Segala jenis hal akan menjadi racun jika dikonsumsi dalam jumlah yang tak sesuai. Tak hanya penyakit ringan, penyakit mematikan seperti kanker juga seringkali disebabkan karena kebiasaan salah konsumsi makanan. 

Berikut ini makanan penyebab kanker kelenjar getah bening yang harus dihindari. 

Kelenjar getah bening merupakan salah satu penyakit mematikan. Mengenali gejala munculnya kanker sangat penting, agar cepat mendapat diagnosis oleh dokter. 

Pada kanker kelenjar getah bening atau limfoma, ada beberapa gejala yang perlu diwaspadai. Dokter dari Divisi Hematologi Onkokogi Medik Departemen Ilmu Penyakit Dalam FKUI/RSCM, Dr.dr Andhika Rachman SpPD-KHOM mengungkapkan, setidaknya ada enam gejala yang bisa muncul. 

"Setiap orang gejalanya bisa berbeda-beda. Tetapi bukan berarti muncul satu gejala, lalu langsung ketakutan dan mengira itu limfoma. Harus diperiksakan ke dokter," kata Andhika. 

Jika hasil diagnosis adalah limfoma, pengobatan medis harus segera dilakukan. Berikut ini gejala limfoma seperti dipaparkannya. 

1. Bengkak di daerah kelenjar getah bening 

Kanker ini awalnya akan menimbulkan bengkak atau benjolan di daerah tubuh yang terdapat kelenjar getah bening. Umumnya muncul di sekitar leher, ketiak, dan pangkal paha. 

"Belum tentu leher bengkak itu limfoma. Kalau limfoma, benjolannya biasanya lebih dari satu atau seperti bergerombol dan tidak terasa sakit," kata Andhika. 

2. Penurunan berat badan 

Penurunan berat badan tanpa sebab yang jelas juga perlu diwaspadai limfoma. Biasanya, penurunan berat badan lebih dari 10 persen dan setidaknya terjadi selama 6 bulan. 

3. Berkeringat malam hari 

Berkeringat malam hari yang menjadi gejala limfoma bukan karena melakukan aktivitas fisik. Pada pasien limfoma, bisa keluar keringat pada malam hari, meskipun udara dingin atau kamar memakai AC. 

Hal ini disebabkan metabolisme sel yang terganggu. Terkadang disertai meriang dari malam sampai dini hari, hingga tubuh terasa gatal-gatal. 

4. Demam 

Banyak penyakit yang menimbulkan gejala demam. Namun, pada pasien limfoma, demam yang terjadi biasanya tidak terlalu tinggi, yaitu sekitar 37 derajat celsius dan tidak pernah lebih dari 38 derajat celsius. Demam pun akan hilang timbul. 

5. Kelelahan 

Pasien limfoma biasanya juga akan merasa sangat lelah atau lemah. Misalnya, napas menjadi pendek dan sulit bernapas saat tingginya aktivitas, padahal sebelumnya baik-baik saja. 

Makanan Penyebab Kelenjar Getah Bening

Berikut ini makanan penyebab kanker kelenjar getah bening yang harus dihindari: 

1. Tomat yang Dikemas dalam Kaleng 

Tomat dalam kaleng memiliki kandungan senyawa kimia yaitu bisphenol-A. Kandungan senyawa ini pada bahan makanan akan meningkatkan kecepatan dalam pembentukan sel kanker. 

2. Buah yang Dikebunkan dengan Pestisida 

Jika buah sudah terkontaminasi pestisida, mencucinya pun tidak bisa membersihkannya seutuhnya. Oleh sebab itu, pastikanlah hanya mengonsumsi buah yang bebas dari pestisida. 

3. Mengonsumsi Popcorn dari Microwave 

Memasak dengan menggunakan microwave diketahui dapat mendatangkan berbagai jenis penyakit. Hal ini disebabkan oleh kandungannya yang berbahaya dalam makanan, termasuk juga ketika memasak popcorn. 

4. Mengonsumsi Daging Merah 

Beberapa jenis daging merah diketahui sangat tinggi pengaruhnya untuk meningkatkan kolorektal dalam perkembangan sel kanker. 

5. Makanan yang Dibakar

Salah satunya pengaruh makanan dibakar adalah penyakit kanker. Jadi sangat disarankan untuk mengolah makanan anda tanpa pembakaran dan pengasapan sebisa mungkin. 

6. Kentang yang Digoreng 

Tidak banyak yang mengetahui bahwa kentang yang digoreng lalu dikonsumsi dapat meningkatkan resiko kanker pada tubuh seseorang yang mengonsumsinya, termasuk juga penyebab kanker kelenjar getah bening. 

7. Daging Olahan 

Daging olahan yang anda beli mungkin saja memiliki kandungan pengawet yang dapat menjadi pemicu sel kanker dalam tubuh anda. Jadi daging olahan pun termasuk makanan penyebab kanker kelenjar getah bening yang harus anda hindari. 

8. Makanan untuk Diet 

Pengaruh ini berkaitan dengan kandungannya yang dapat menyebabkan sel kanker dalam tubuh lebih cepat berkembang. Untuk itu, lakukanlah diet sehat dengan berolahraga, agar anda pun dapat terhindar dari kanker kelenjar getah bening. 

9. Makanan dengan Gula Halus 

Jika kadar gula halus yang anda konsumsi cukup banyak, maka kemudian insulin pun akan bekerja lebih efektif untuk menumbuhkan sel-sel kanker dalam tubuh. 

10. Salmon dari Pertanian dengan Ikan Lain 

Tanpa disadari, salmon yang dikembangbiakan bersama dengan ikan lain ternyata akan memiliki kutu laut. Sehingga salmon tidak akan lagi mengandung omega 3. Malahan salmon akan mengandung merkuri yang sangat berbahaya dan menyebabkan kanker pada tubuh anda. 

Related

Health 2792106677286849779

Recent

item