Mozaik Sejarah Dunia: Penandatanganan Terusan Panama


Naviri Magazine - Terusan Panama adalah sebuah terusan atau kanal besar yang terletak di negara Panama, Amerika Tengah. Terusan tersebut membelah tanah genting Panama sepanjang 82 kilometer, sekaligus membelah daratan Amerika Utara dan Amerika Selatan, sehingga menghubungkan samudra Pasifik dan Atlantik. 

Melalui Terusan Panama, maka waktu tempuh kapal laut akan bisa dipersingkat karena tidak perlu memutar lewat ujung selatan Amerika Selatan. 

Sebagai contoh, jika sebuah kapal laut berlayar dari New York (Pantai Timur AS) menuju San Francisco (Pantai Barat AS) dan tidak melalui terusan ini, maka jarak perjalanannya menjadi 22.500 kilometer atau 14.000 mil. Namun, jika melalui Terusan Panama, maka jarak tempuhnya hanya 9.500 kilometer atau 6.000 mil.

Pada 18 November 1903, pemerintah Panama dan Amerika Serikat menandatangani perjanjian atas Terusan Panama, yang berisi kesepakatan bahwa Amerika akan menyewa Terusan Panama selama-lamanya, dengan imbalan 10 juta dollar tunai, dan 250 ribu dollar per tahun.

Meski pada mulanya perjanjian itu telah disepakati, namun Amerika akhirnya terpaksa mengubah perjanjian tersebut, karena tuntutan rakyat Panama. 

Pada tahun 1978, Presiden AS Jimmy Carter dan Presiden Panama Jenderal Torrijos membuat dan menandatangani perjanjian baru yang menyatakan untuk mengembalikan Terusan Panama pada akhir tahun 2000. 

Related

History 2252059189036549888

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item