Mozaik Sejarah Dunia: Perang Jepang dan Rusia Pada 1895


Naviri Magazine - Pada tahun 1895, Jepang berhasil mengalahkan Cina dan menduduki sebagian wilayah Cina. Tiga tahun setelah itu, 1898, Rusia berhasil menekan Cina untuk menyewakan pelabuhan Port Arthur yang sangat strategis, di wilayah utara Manchuria. Setelah itu, Rusia berusaha memperluas wilayah pendudukannya di Manchuria.

Perang antara Jepang dan Rusia terjadi pada 6 Februari 1904, dimulai dengan serangan tentara Jepang terhadap tentara Rusia yang berpangkalan di Cina. 

Perang tersebut meletus akibat persaingan antara kedua negara dalam memperebutkan Korea dan Manchuria, karena Jepang merasa lebih berhak atas Cina—termasuk Manchuria—karena kemenangan mereka dalam perang Jepang-Cina pada tahun 1895.

Perang antara Jepang dan Rusia berakhir dengan kemenangan Jepang. Kemudian, pada September 1905, melalui perantara AS, Jepang dan Rusia menandatangani Perjanjian Portsmouth yang berisi penyerahan atas Manchuria, separuh dari Pulau Sakhalin, dan Korea, kepada Jepang.

Related

History 708459976438509472

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item