Negara-negara yang Penduduknya Paling Rajin dan Paling Malas


Naviri Magazine - Terkait kesehatan, definisi rajin dan malas bisa dilihat dari keaktifan tubuh bergerak. Semakin banyak atau semakin sering seseorang melakukan gerak tubuh, atau olah raga, maka artinya semakin rajin. Sebaliknya, semakin sedikit seseorang menggerakkan tubuh atau minim olah raga, maka artinya dia tergolong malas.

Dalam hal itu, Organisasi Kesehatan Dunia atau World Health Organization (WHO) mengadakan riset untuk menilai tingkat aktivitas fisik penduduk dunia. Hasil riset terhadap 1,9 juta orang di 168 negara ini telah dipublikasikan di jurnal The Lancet Global Health.

WHO menetapkan parameter, orang yang aktif secara fisik didefinisikan sebagai orang-orang yang melakukan kurang lebih 75 menit aktivitas fisik berat setiap minggu, atau 150 menit aktivitas fisik sedang per minggu, atau kombinasi dari keduanya tiap pekan. 

Jadi, orang-orang yang melakukan aktivitas fisik di bawah itu dikategorikan sebagai orang yang kurang melakukan aktivitas fisik.

Dari hasil riset ini, sebagian negara bisa dikategorikan sebagai negara berpenduduk 'malas' karena banyak penduduknya kurang melakukan aktivitas fisik, dan sebagian negara dikategorikan sebagai berpenduduk rajin karena hanya sedikit yang kurang melakukan aktivitas fisik.

Lantas, negara-negara mana saja yang dianggap paling 'malas' dan paling 'rajin' oleh WHO? Berikut ini datanya.

Negara-negara berpenduduk paling malas:

Kuwait

Berdasarkan riset WHO, ditemukan bahwa 67 persen populasi Kuwait tidak melakukan aktivitas fisik yang cukup tiap minggu.

Samoa Amerika

Terletak di Samudra Pasifik, negara ini menempati posisi negara termalas nomor dua di dunia. Dalam riset ditemukan bahwa 53,4 persen populasinya tidak melakukan aktivitas fisik yang cukup.

Arab Saudi

Arab Saudi menempati posisi negara termalas nomor tiga di dunia. Sebanyak 53 persen populasi dianggap tidak melakukan aktivitas fisik yang cukup.

Irak

Negara yang porak poranda akibat perang ini adalah negara termalas nomor empat di dunia. Ada 52 persen populasi Irak yang dianggap kurang aktif secara fisik oleh WHO.

Brasil

Meski memiliki banyak pemain sepak bola ternama, Brasil ternyata dianggap WHO sebagai negara termalas di dunia nomor lima. Ada 47 persen populasinya dianggap kurang aktif secara fisik.

Negara-negara berpenduduk paling rajin:

Uganda

Negara yang terletak di Afrika Tengah ini dianggap WHO sebagai negara paling rajin di dunia. Hanya 5,5 persen penduduknya yang kurang aktif secara fisik.

Mozambik

Terletak di Afrika Tenggara, Mozambik merupakan negara paling rajin kedua di dunia. Hanya 5,6 persen penduduknya yang dianggap kurang aktif secara fisik.

Lesotho

Negara kecil yang terletak Afrika Selatan ini memegang posisi ketiga negara paling rajin di dunia. Tercatat hanya 6,3 persen penduduknya yang menurut riset kurang aktif secara fisik.

Tanzania

Lagi-lagi negara Afrika yang masuk ke dalam daftar negara-negara paling rajin di dunia. Tanzania, yang terletak di Afrika Timur, menjadi negara keempat paling rajin di dunia, dengan hanya 6,5 persen penduduk yang kurang aktif secara fisik.

Niue

Negara kepulauan kecil yang terletak di Samudra Pasifik Selatan ini menjadi satu-satunya negara non-Afrika dalam daftar negara paling rajin di dunia. Menurut hasil riset, hanya 6,9 persen penduduknya yang kurang aktif secara fisik.

Lalu bagaimana dengan Indonesia?

Jika masing-masing persentase jumlah penduduk yang kurang melakukan aktivitas fisik dari 168 negara dalam hasil riset WHO dibandingkan dan diurutkan, maka Indonesia tercatat sebagai negara ke-53 dengan penduduk paling 'rajin.'

Memang masih ada 22,6 persen penduduk Indonesia yang dianggap kurang melakukan aktivitas fisik. Meski begitu, angka ini terhitung cukup kecil jika dibandingkan dengan Malaysia. dengan 38,8 persen populasi yang dianggap kurang aktivitas fisik, maupun Singapura yang memiliki 36,5 persen populasi kurang aktif secara fisik.

Related

International 3152138105296152698

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item