Penyebab Kita Mudah Menyerah Saat Mengejar Impian, dan Cara Mengatasinya


Daya resiliensi atau ketangguhan mental untuk melakukan sesuatui secara tekun dan konsisten, merupakan salah satu pilar kunci meraih sukses masa depan.

Sayangnya, tak jarang kita gagal menegakkan pilar kunci tersebut. Willpower (kekuatan tekad) kita acapkali mudah tergelincir, dan akhirnya membuat kita malas melakukan action dengan penuh ketekunan.

Studi-studi dalam behavior science menemukan fakta menarik: kunci kekuatan ketekunan dan daya resiliensi dalam diri kita memang bergantung pada modal willpower dalam diri kita.

Willpower adalah kekuatan tekad, yang akan menjadi sumber tenaga (engine power) agar kita bisa terus gigih berjuang mengejar impian yang kita angankan. Sayangnya, modal willpower (kekuatan tekad) dalam diri kita ternyata mudah menurun.

Studi yang dilakukan Profesor Baumeister yang diungkap dalam buku Willpower: Rediscovering the Greatest Human Strength menemukan fakta bahwa willpower kita memang mudah menguap hari demi hari.

Saat dalam keseharian yang kita jalani ada begitu banyak kejadian negatif yang menerpa, maka dengan mudah cadangan willpower dalam diri kita menguap habis.

Dan itu bahaya. Sebab saat willpower kita menguap entah kemana, maka kita akan kehilangan daya resiliensi dan semangat untuk melakukan perubahan perilaku demi masa depan yang lebih baik.

Saat willpower menguap, kita akan sulit melakukan action dengan tekun dan konsisten. Saat willpower menurun, kita akan mudah stuck dan menyerah saat menghadapi beragam kendala, problem dan tantangan.

Ingat, perjuangan mengubah nasib hidup itu amat berat. Akan ada banyak problem, kendala dan hambatan yang menghadang di depan.

Karir Anda mau melesat dan gaji naik dua kali lipat? Hambatan, kendala dan tantangannya sungguh rumit untuk wujudkan impian ini.

Anda mau menjalani bisnis dengan omzet ratusan juta per bulan? Kendala dan problem yang segunung segera menghadang di depan.

Anda mau penghasilan naik tiga kali tahun depan? Problem dan kendalanya juga amat banyak untuk mewujudkan harapan ini.

Tanpa ketanggugan dan ketekunan, kita pasti akan mudah menyerah menghadapi problem, tantangan, dan kendala yang terus menghadang. Itulah kenapa penting sekali untuk menjaga energi willpower dalam diri kita.

Dengan willpower yang solid, kita akan lebih tekun dan konsisten dalam melakukan aksi perubahan nasib.

Dengan cadangan willpower yang melimpah, kita akan bisa terus bergerak mengatasi problem dan hambatan. Bukan langsung menyerah, lalu membiarkan nasib hidup tetap stagnan. Atau membiarkan perjalanan karir dan bisnis tetap stuck, padahal waktu terus berjalan dengan cepat, dan tak peduli apakah hidup kita lebih baik atau tetap macet.

Lalu solusi apa saja yang mesti ditabalkan agar cadangan willpower dalam diri kita tetap melimpah? Berikut empat cara praktikal yang bisa dijalani.

Always Move Your Body

Cara pertama menjaga willpower ternyata simpel: cukup rutin olahraga. Ya, studi-studi tentang human behavior menemukan, rutin olahraga (min 3 kali seminggu selama cukup 15 menit) ternyata membuat Anda lebih tangguh memelihara willpower.

Bahkan penelitinya bilang, kalau Anda mau mood booster terbaik, cukup lakukan olahraga secara rutin setiap minggu. Apapun jenisnya: gowes, jalan kaki, yoga, renang atau lari.

Saat sejumlah orang mengeluh, kenapa ya otak sering stuck dan merasa mood mudah jatuh, kemungkinan besar karena mereka memang jarang menggerakkan tubuh, dan lebih banyak duduk berjam-jam di depan laptop.

Orang yang mager (malas gerak) memang lama-lama sel saraf otaknya akan mudah layu. Dalam kondisi semacam ini, otomatis kekuatan willpower juga mudah roboh.

Focus on Small Wins

Cara kedua memelihara willpower: fokus pada small wins. Maksudnya, selalu syukuri pencapain positif Anda hari ini (apa pun pencapaian itu, dan betapa pun kecilnya pencapaian itu).

Small wins artinya pencapaian kecil positif yang sudah Anda raih di hari ini. Betapa pun kecilnya pencapaian ini, tetap layak Anda apresiasi dan syukuri. Sebab dengan cara ini, Anda akan bisa memelihara optimisme dan energi willpower Anda.

Profesor Teresa Amabile dalam buku The Progress Principle menuliskan: fokus pada small wins dan merasakan sense of progress ternyata merupakan alat ampuh untuk menjaga kekuatan willpower dalam diri kita.

Lakukan Diet Informasi

Cara simpel ketiga memelihara willpower: kurangi asupan informasi yang sarat dengan aura negatif (entah yang ada di medsos, media online atau WA group).

Studi menemukan, saat kita sering terpapar informasi negatif, pelan-pelan kekuatan dalam diri kita akan mudah meredup. Apalagi jika informasinya sampai memicu emosi negatif dalam diri Anda.

Dan sayangnya, mayoritas konten informasi di layar hape kita memuat aura negatif yang mudah mengoyak ketenangan batin kita.

Karena itu, lakukan diet informasi online. Sengajalah untuk skip atau mengabaikan begitu banyak informasi yang terus membajiri layar hape kita. Jangan buang waktu scroll-scroll hape untuk menelusuri aneka informasi yang justru bisa merusak willpower dalam diri kita.

Kurangi Over-thinking

Cara keempat memelihara willpower: kita sendiri juga harus mengurangi negative over-thinking dalam beban pikiran kita. Kecemasan berlebihan, rasa pesimis dan kuatir akan gagal, atau cenderung untuk selalu fokus pada negative sides of our life; hanya akan membuat willpower kita cepat menguap.

Bagaimana cara mengurangi negative over-thinking? Kapan-kapan kita akan ulas dalam artikel terpisah ya. Namun ada satu cara simpel yang bisa dilakukan, yakni menjalani willpower booster yang pertama di atas, atau : rutin olahraga dan always move your body. Rajin melakukan exercise atau rutin olahraga terbukti membuat kita pelan-pelan bisa mengalahkan negative overthinking yang suka membajak alam pikiran kita.

Related

Inspiration 6239137639665653677

Recent

item