Penyebab Ular Masuk Rumah di Musim Hujan, dan Cara Mencegahnya


Ular masuk ke rumah kerap terjadi di beberapa wilayah, terutama saat musim hujan. Ular yang masuk ke pemukiman akan sangat meresahkan karena berpotensi membahayakan.

Masyarakat perlu mengetahui alasan ular masuk ke rumah, agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

Ahli Hepertologi Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Amir Hamidy menjelaskan, fenomena munculnya ular ke rumah di musim hujan merupakan hal yang wajar. Sebab, musim hujan memang waktunya anak ular lahir dan ular suka tempat yang lembap.

Alasan ular masuk ke rumah adalah karena mereka menemukan lingkungan yang cocok untuk tinggal. Maka dari itu, hal-hal yang membuat ular nyaman harus dihindari.

Berikut kondisi yang dapat membuat ular nyaman dan menjadi alasan masuk ke rumah:

Tumpukan barang

Tumpukan barang merupakan salah satu tempat favorit ular, karena ular senang dengan kondisi gelap dan lembap terlebih di sudut-sudut ruangan. Maka dari itu penghuni rumah perlu menghindari adanya tumpukan-tumpukan barang.

Rumah yang jarang dibersihkan

Rumah yang jarang dibersihkan juga menjadi salah satu alasan ular masuk ke rumah.

Ular sangat sensitif dengan bau yang tajam seperti bau dari pewangi atau pembersih lantai, maka dari itu membersihkan rumah dengan rutin dapat menjadi salah satu cara untuk mencegah ular masuk ke rumah.

Ada sumber makanan

Tikus merupakan salah satu sumber makanan ular yang ada di wilayah pemukiman, sehingga adanya tikus di lingkungan rumah akan memancing ular untuk masuk ke sana.

Sebaliknya, rumah yang terbebas dari tikus kemungkinan besar tidak akan dimasuki ular.

Ada akses dari habitat ular ke rumah

Salah satu alasan ular masuk ke rumah adalah tersedianya akses masuk dari habitat ular ke rumah. Akses tersebut bisa melalui saluran air atau celah-celah yang ada di rumah.

Maka dari itu, masyarakat yang memiliki rumah dekat dengan habitat ular seperti sawah atau kebun perlu ekstra hati-hati. Amir menyebut pengamanan dari ular dalam hal ini bisa dilakukan dengan membuat pagar khusus dan memasang saringan di saluran air.

Tips menghadapi ular

Jika ular terlanjur masuk ke rumah, Anda disarankan untuk tidak panik karena ular akan merasa terancam jika ada gerakan sekecil apa pun.

Hal pertama yang bisa Anda lakukan ketika menemui ular di rumah adalah mengamankan anggota keluarga terutama anak kecil.

Kemudian Anda dapat mengusir ular dengan menggunakan alat panjang seperti sapu atau tongkat, dan bau-bau menyengat seperti pengharum ruangan atau pembersih lantai.

Sebagai catatan, pengusiran berbeda dengan penanganan, penanganan hanya boleh disarankan untuk yang berpengalaman.

Jika ular masih tidak terusir dengan cara tersebut, Anda bisa meminta bantuan kepada Pemadam Kebakaran (Damkar) atau pihak professional yang ahli dalam menangani ular.

Related

Tips 3089371294696436839

Recent

item