Peristiwa Kebakaran Teater Paling Mengerikan di Amerika


Naviri Magazine - Teater Iroquois baru berdiri 38 hari ketika peristiwa kebakaran itu terjadi. Sebagai gedung teater baru, teater Iroquois pun mendapat banyak perhatian dari masyarakat, khususnya karena teater tersebut memberikan jaminan “Anti Kebakaran Sepenuhnya”. 

Padahal, berdasarkan penyelidikan seusai peristiwa kebakaran yang terjadi, diperoleh fakta bahwa gedung teater itu sangat berbahaya dan sama sekali tidak anti kebakaran. Lebih dari itu, gedung tersebut juga tidak memiliki peralatan yang memadai jika kebakaran benar-benar terjadi.

Pada 30 Desember 1903, sebanyak 1.830 pengunjung masuk ke gedung teater tersebut, dan diperkirakan 1.000 orang di antaranya adalah anak-anak. Ketika pertunjukan sedang berlangsung, terjadi percikan listrik yang kemudian meletupkan api. 

Semula, api yang terlihat hanya kecil sehingga diabaikan. Namun, ketika percikan api makin membesar, dan para pengunjung juga melihatnya, kepanikan pun mulai menyebar.

Para pemain teater yang juga melihat percikan api itu mulai berniat melarikan diri dengan membuka pintu darurat yang ada di belakang panggung—satu-satunya pintu darurat yang ada di sana. Ketika pintu darurat itu terbuka, hembusan angin masuk dan memperbesar api dalam gedung. Seketika api berkobar, dan para pengunjung dalam gedung pun segera berlarian panik menuju pintu darurat.

Pintu yang hanya satu-satunya itu menjadi tumpuan para pengunjung untuk dapat menyelamatkan diri dari gedung. Akibatnya, ratusan orang terinjak-injak, sementara api kian membesar, dan kepanikan semakin tinggi. 

Dalam kepanikan itu, 200 orang tewas akibat terinjak dan karena sesak napas akibat asap, atau karena terbakar. Sementara ratusan orang lainnya tewas karena tertimpa dekorasi atau tertindih tangga ketika menuju pintu keluar.

Pemadam kebakaran segera datang ke lokasi kejadian, namun mereka kebingungan saat akan memadamkan api. Ratusan orang bertumpuk-tumpuk di depan pintu teater, sehingga menyulitkan petugas pemadam untuk mendekati lokasi kebakaran. 

Akhirnya, ketika kebakaran berhasil dipadamkan, para petugas itu pun menarik dan mengangkuti mayat-mayat yang ada di dalam dan sekitar gedung teater. Sebanyak 602 orang ditemukan telah tewas, sebagian adalah anak-anak, dan kebakaran Teater Iroquois menjadi peristiwa kebakaran teater paling buruk di Amerika.

Related

History 1961815851356063617

Recent

item