R. Supomo, Tokoh di Balik Persiapan Kemerdekaan Indonesia


Naviri Magazine - Dilahirkan di Sukoharjo, Surakarta, Jawa Tengah, pada 22 Januari 1903, Prof. Dr. R. Supomo, SH menyelesaikan pendidikannya di Sekolah Hukum, dan kemudian melanjutkan ke Universitas Leiden di Belanda, dalam bidang hukum juga.

Selepas dari pendidikannya, ia bekerja di Pengadilan Negeri Surakarta dan Pengadilan Negeri Yogyakarta, selain aktif di organisasi Jong Java. Ia juga pernah menjabat sebagai Ketua Balai Pengetahuan Masyarakat, Ketua Landraad Purworejo, dan pegawai tinggi pada Departemen Van Justitie, serta menjadi Guru Besar pada Sekolah Hakim Tinggi.

Pada masa pendudukan Jepang, ia menjadi anggota Panitia Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia, dan kemudian menjadi anggota Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia. 

Setelah Indonesia merdeka, ia menjabat sebagai Menteri Kehakiman dalam Kabinet Presidensiil. Karena menguasai bidang hukum dan tata negara, ia menyumbang banyak buah pikirannya dalam penyusunan Undang-Undang Dasar ‘45. 

Jabatan lain yang pernah disandangnya adalah sebagai Guru Besar di Universitas Gadjah Mada, dan rektor di Universitas Indonesia. Terakhir, ia juga pernah menjabat sebagai Duta Besar RI di London.

R. Supomo meninggal dunia pada 12 September 1958 di Jakarta, dan dimakamkan di kota Solo, Jawa Tengah.

Related

Figures 9032018839776738852

Recent

item