Sejarah dan Asal Usul Binary Option di Indonesia dan Dunia


Situs trading Binary Option lagi banyak dibicarakan belakangan ini. Sejarah opsi biner dimulai pada tahun 1974 saat Chicago Board Options Exchange (CBEO) meluncurkan secara resmi. Kemudian, opsi biner ini baru terbuka untuk publik pertama kalinya sebagai aset yang bisa diperdagangkan di tahun 2008.

Berbeda dengan CBEO, Cyprus Security & Exchange Commission (CySec) atau badan pengatur utama Siprus, pertama kalinya mengklasifikasikan opsi biner sebagai aset yang bisa diperdagangkan di tahun 2012.

Perdagangan opsi biner akhirnya masuk dalam kategori kontrak berjangka di Indonesia. Kontrak berjangka pun telah diatur dalam UU nomor 11 Tahun 2011 yang membahas tentang Perdagangan Berjangka komoditi, UU no 49 Tahun 214 dan Per-Bappebti 3/2018.

UU tersebut membahas tentang transaksi opsi biner dalam kategori kontrak berjangka yang bisa dilakukan oleh pedagang awam melalui seorang pialang atau broker dengan ketentuan-ketentuan yang telah diatur.

Pialang yang dipercaya untuk melakukan perdagangan tersebut, perlu memiliki izin usaha. Namun sebaliknya, tidak ada sanksi atau hukuman bagi trader yang melakukan perdagangan pada pialang yang tidak berizin. Tetapi, tetap terdapat risiko bahwa uang yang diinvestasikan trader tersebut tidak dijamin pemerintah Indonesia.

Masalahnya, banyak pialang atau broker pada situs-situs dengan model bisnis seperti ini yang ilegal di Indonesia. Sebut saja binomo yang sudah dimatikan beberapa kali, tetap muncul lagi.

Bahkan, diketahui tidak ada satu pun pialang alias broker binary yang memiliki izin di Indonesia.

Related

Business 8089783542884612587

Recent

Hot in week

item