Selain Olahraga, Ini 7 Makanan yang Membantu Menguatkan Otot


Naviri Magazine - Tidak hanya tulang, kesehatan otot pun perlu diperhatikan. Sama-sama organ di dalam tubuh kita, tulang dan otot memiliki fungsi penting dalam menjalankan segala aktivitas yang kita lakukan. Karenanya, jika kita memperhatikan kesehatan tulang, kita juga perlu memperhatikan kesehatan dan kekuatan otot. 

Upaya yang dibutuhkan untuk membantu menguatkan otot tak jauh beda dengan upaya yang perlu dilakukan dalam menguatkan tulang. Yaitu rajin berolahraga, dan menjalankan diet sehat. 

Selain itu, Anda juga bisa mengonsumsi makanan-makanan yang dapat membantu meregenerasi jaringan serta menguatkan otot. Berikut ini di antaranya.

Telur

Telur merupakan sumber protein yang dibutuhkan tubuh. Telur juga mengandung nutrisi seperti kalsium, vitamin, zat besi, dan zinc, yang membantu membentuk otot yang sehat dan kuat.

Daging ayam

Dada ayam adalah salah satu bagian daging yang mudah dimasak, dan rasanya lezat. Mengonsumsi dada ayam menjadikan tubuh menerima cukup lemak untuk menyehatkan otot.

Minyak ikan

Minyak ikan mengandung omega-3 dan memiliki sifat anti-inflamasi, yang mampu meningkatkan metabolisme. Hasilnya, Anda akan lebih banyak mengonsumsi makanan berenergi, dan membentuk otot menjadi lebih kuat.

Kalkun

Daging kalkun mengandung lebih dari 11 mineral dengan berbagai jenis vitamin, yang membantu meningkatkan kadar protein dalam tubuh. Karenanya, kalkun menjadi salah satu makanan yang baik untuk menyehatkan otot.

Nanas

Nanas mengandung enzim bromelein yang sudah terbukti mampu memberi asupan tambahan protein dalam sistem pencernaan. Selain itu, nanas juga bersifat anti-inflamasi yang mampu meredakan inflamasi pada otot setelah Anda berolahraga.

Sereal

Sereal mengandung vitamin, karbohidrat, protein, serat, dan mineral. Karenanya, sereal adalah menu sarapan yang baik untuk membentuk otot yang lebih sehat serta lebih kuat. 

Air putih

Air putih juga dibutuhkan dalam upaya menyehatkan dan menguatkan otot. Jika tubuh Anda mengalami dehidrasi, otot akan melemah, dan Anda juga terancam berbagai masalah kesehatan.

Related

Health 7698534069689324848

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item