Sering Sakit Kepala Usai Bangun Tidur? Ini Saran Dokter Saraf


Beberapa di antara kita mungkin pernah mengalami tiba-tiba saja terasa sakit kepala saat sedang tiduran atau bangun tidur. Sebenarnya apa sih penyebab hal ini dan bagaimana cara mengatasinya?

Ahli saraf dr Lilir Amalini, SpS, dari Primaya Evasari Hospital menjelaskan, sakit kepala saat tidur bisa disebabkan hal yang disebut tension type headache (TTH). Ini terjadi akibat ketegangan otot di bagian kepala, leher, dan bahu akibat posisi tidur yang kurang tepat.

"Nyeri biasanya dirasakan seperti tegang kaku dan berat, terutama di bagian atas kepala, dahi samping kepala, atau bisa dirasakan di seluruh bagian kepala," kata dr Lilir.

"Hal ini juga dapat disertai rasa melayang, mual, atau muntah," lanjutnya.

Sakit kepala karena TTH bisa berlangsung selama setengah jam hingga beberapa hari. Untuk mengatasinya, dr Lilir menyarankan minum obat pereda nyeri yang dijual bebas, seperti ibuprofen atau parasetamol.

dr Lilir mengatakan agar TTH tidak terjadi, ada baiknya memakai bantal yang tidak terlalu tinggi dan bisa nyaman menyangga leher. Disarankan juga rutin melakukan peregangan otot leher serta bahu, menghindari stres, dan menghindari kurang tidur.

"Tension type headache merupakan salah satu jenis nyeri kepala primer yang tidak berbahaya, namun apabila gejala dirasakan terus menerus dan semakin memberat atau disertai gejala lain seperti demam, pandangan dobel, kesemutan, atau kelemahan anggota tubuh sebaiknya diperiksakan ke dokter saraf terdekat untuk menyingkirkan diagnosis lain," pungkas dr Lilir.

Related

Health 4931380626113893390

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item