Tips Tidur Nyenyak Saat Sedang Stres atau Sedang Sibuk


Naviri Magazine - Stres dan sulit tidur bisa dibilang seperti lingkaran. Stres bisa membuat Anda sulit tidur. Semakin sulit tidur, Anda akan semakin stres. Dalam kehidupan sehari-hari, tidak menutup kemungkinan Anda harus mendapati pekerjaan bertumpuk-tumpuk yang membutuhkan penyelesaian segera. 

Tumpukan pekerjaan itu bisa jadi membuat Anda stres, dan dampaknya menjadikan Anda sulit tidur. Bagaimana mengatasi hal semacam itu? Tip berikut ini bisa diperhatikan. 

Tidurlah pada jam wajar

Sebisa mungkin, tetaplah tidur pada jam biasa Anda tidur. Kalau pun Anda harus menambah waktu untuk menyelesaikan pekerjaan, jangan sampai waktu tambahan itu sampai berjam-jam. 

Sebagai contoh, kalau Anda biasa tidur pukul 22:00, misalnya, Anda bisa menoleransi tambahan waktu satu jam, sehingga Anda tidur pada pukul 23:00. Jangan tergoda untuk menambah terlalu banyak waktu begadang, karena itu justru akan berdampak negatif—tidak hanya bagi tubuh Anda, tapi juga pada pekerjaan yang sedang diselesaikan.

Kalau Anda begadang sampai berjam-jam di malam hari dengan alasan memburu waktu deadline, dampaknya akan langsung terasa pada esok hari. Umpamakan saja Anda baru tidur pukul 02:00 atau 03:00 dini hari. 

Keesokan hari, saat terbangun, Anda akan merasakan tubuh dan pikiran sangat letih. Dalam kondisi semacam itu, Anda justru akan sulit bekerja dan mengonsentrasikan pikiran, dan hasilnya pekerjaan Anda justru akan lebih lama selesai.

Karenanya, seperti yang dinyatakan tadi, sebaiknya batasi waktu tambahan. Cukup satu jam Anda menambah waktu kerja di malam hari, setelah itu tidur. Dengan tidur yang cukup, Anda bisa terbangun di pagi hari dengan tubuh dan pikiran yang lebih segar, dan itu akan menunjang produktivitas Anda, sehingga pekerjaan dapat diselesaikan dengan lebih baik. 

Jangan bawa pekerjaan ke kamar tidur

Meski pekerjaan bertumpuk-tumpuk, sebaiknya jangan tergoda membawa pekerjaan ke kamar tidur, apalagi sampai mengerjakan di tempat tidur. Saat Anda masuk ke kamar tidur, Anda harus meninggalkan semua pekerjaan Anda, sehingga tubuh dan pikiran benar-benar siap untuk tidur. 

Tinggalkan laptop di luar kamar, matikan komputer, juga ponsel, agar Anda benar-benar bisa tidur tanpa terganggu oleh hal-hal tersebut.

Bagaimana pun, yang perlu diingat, Anda bukan robot. Tubuh Anda membutuhkan waktu istirahat yang cukup, agar dapat bekerja dan beraktivitas dengan baik. 

Tenangkan diri

Meski mungkin terdengar mudah, namun tidur dalam keadaan stres tentu tidak semudah yang dikatakan. Karena itu, kalau memang Anda merasa kesulitan untuk tidur karena merasakan pikiran stres, Anda bisa mencoba menenangkan diri. Cobalah untuk mandi air hangat dan meminum teh herbal. Atau nikmati aromaterapi, dan dengarkan musik-musik lembut yang Anda sukai.

Menjauhkan diri dari pekerjaan atau sesuatu yang membuat stres akan memberi Anda kesempatan untuk menenangkan diri, sehingga Anda dapat tertidur tanpa terlalu dibebani oleh stres.

Tidur siang

Karena banyak tugas yang harus dikerjakan, Anda pun mungkin mengurangi jam tidur malam Anda hingga satu jam. Bisa jadi, kurangnya waktu tidur tersebut membuat Anda merasa lelah saat siang. 

Jika itu yang Anda alami, Anda bisa meluangkan waktu 10 sampai 20 menit untuk tidur siang. Terlelap sejenak pada siang hari cukup bisa mengembalikan kesegaran tubuh dan pikiran, sehingga Anda bisa melanjutkan kerja dan rutinitas tanpa terlalu kelelahan.

Related

Health 5359148424187489674

Recent

item