5 Kekuatan Indonesia yang Ditakuti Negara-negara Lain


Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, melakukan inspeksi pasukan saat peringatan HUT ke-72 Tentara Nasional Indonesia di Dermaga Indah Kiat, Cilegon, Banten, Kamis (5/10/2017). Peringatan HUT TNI ini dimeriahkan latihan gabungan dengan menggunakan alutsista andalan dari masing-masing matra TNI, Angkatan Darat, Angkatan Laut, dan Angkatan Udara. 

Negara dengan jumlah pulau cukup banyak ini ternyata punya potensi pertahanan luar biasa, sehingga ditakuti oleh negara luar. Meski alutsista belum terlalu mumpuni, namun beberapa faktor ini membuat Indonesia disegani. 

Rusia dan Ukraina sedang menjadi sorotan dunia setelah kedua negara terlibat perang sejak 24 Februari 2022 lalu. Invasi yang dilakukan oleh Rusia ke negara tetangganya itu telah menelan ribuan korban jiwa serta menghancurkan infrastruktur di Ukraina. 

Agresi yang dilakukan oleh Rusia mendapat kecaman dari banyak negara terutama dari negara-negara barat. Akibatnya, Rusia mendapat sanksi keras dari berbagai negara yang dikhawatirkan menjadi penyebab pecahnya perang dunia ke III. 

Lantas bagaimana nasib negara-negara lain yang tidak memiliki kekuatan militer yang kuat? Apa Indonesia cukup kuat untuk melawan invasi dari negara lain? 

Masyarakat Indonesia ternyata bisa bernapas lega, karena tanah air kita termasuk dalam jajaran negara yang ditakuti dunia. Bahkan negara kuat yang mustahil ditaklukan seperti Amerika Serikat hingga Rusia takut pada kekuatan Indonesia. 

Lho, kok, bisa? Nah, bagi kalian yang belum tahu, yuk simak 5 alasan mengapa negara asing enggan menyerang Indonesia. 

1. Indonesia memiliki pertahanan yang kuat 

Data terbaru dari situs Global Fire Power, Indonesia dinobatkan sebagai negara dengan militer terkuat di Asia Tenggara atau ASEAN. Dilansir dari CNN, berdasarkan data situs tersebut, Indonesia memiliki skor 0.2684 untuk bidang kekuatan militer. 

Dengan demikian, Indonesia berada di posisi paling atas di ASEAN, mengalahkan Vietnam dan Thailand yang berada pada peringkat ke dua dan tiga. 

Sementara, secara global, kekuatan militer Indonesia menempati posisi ke-16. Indonesia juga masih mengalahkan sejumlah negara besar seperti Arab Saudi di posisi ke-17 dan Australia yang berada di posisi ke-19. 

Pasukan komando Baret Merah, Kopassus diketahui pernah dinobatkan Discovery Channel Military (Top Elite Special Forces In The World) sebagai pasukan elit terbaik ketiga dunia pada 2008 di bawah Special Air Force Inggris dan Mossad Israel. 

2. Masyarakat Tinggi Loyalitas 

Rasa cinta bangsa Indonesia terhadap negaranya membuat negara lain kagum. Selain memiliki pasukan terbaik di dunia, Indonesia memiliki beribu-ribu penduduk yang siap untuk berperang. 

Selain itu, loyalitas bangsa Indonesia yang kerap mengedepankan kepentingan bangsa menjadi salah satu hal yang membanggakan. Loyalitas ini dapat direalisasikan dengan adanya partisipasi pemilu dan lainnya. 

3. Indonesia menjalin hubungan baik dengan negara lain 

Bagai senjata makan tuan, Amerika akan mengalami kerugian apabila melancarkan serangan ke Indonesia dengan menggunakan bom nuklirnya. Tidak hanya menimbulkan kerusakan sumber daya alam di Indonesia, namun kemungkinan bisa jadi negara lain akan menyerang balik Amerika dengan bom nuklir. 

Hal ini karena Indonesia memiliki kerja sama yang baik dalam bidang militer. Dalam hal ini negara anggota Nato memerlukan kerja sama untuk mendapatkan posisi strategis di wilayah asia. 

4. Ekonomi yang Terus Berkembang Pesat 

Indonesia pernah diterjang ombak ekonomi berkali-kali. Terparah pada tahun 1998 dan 2008. Namun krisis ekonomi mampu ditangani dengan baik. Kini ekonomi Indonesia sudah dapat berkembang dengan baik di kawasan Asia. Terbukti dengan kemajuan yang terjadi pada usaha kecil di Indonesia. 

5. Memiliki para hacker yang ditakuti 

Hacker di Indonesia ditakuti oleh dunia. Pertama perang antar hacker dengan Australia. 

Australia pernah membobol data kartu kredit orang Indonesia, lalu hacker Indonesia pun mengacak situs Australia dan pemerintahannya, dan hacker Australia pun memohon ampun dan menyerah lewat unggahan video di YouTube. 

Kedua, fakta tentang hacker bernama Jim Geovedi yang mendadak mendapat sorotan dunia karena berhasil meretas sebuah satelit. Bukan sekedar meretas, ia bahkan bisa mengubah arah atau menggeser posisi satelit tersebut sesuai keinginannya. 

Kemampuan Jim sudah diakui secara internasional padahal ia mengaku belajar hacking secara otodidak tanpa kuliah. 

Related

Indonesia 7385822769923565373

Recent

item