5 Nasihat Pernikahan untuk Pasangan Muda dari Michelle Obama


Michelle Obama kini mengisi podcast yang bekerja sama dengan Spotify, berjudul The Michelle Obama Podcast. 

Setiap episodenya, podcast tersebut banyak membahas hal-hal menarik dari sudut pandang Michelle tentang kehidupan bersama tamu yang diundangnya untuk berbicara. Dalam salah satu episode podcast-nya, Michelle menggandeng presenter populer Amerika Serikat, Conan O'Brien, untuk membicarakan seputar pernikahan. 

Dalam podcast ini pula, ibu dua anak ini turut berbagi nasihat pernikahan kepada pasangan muda yang baru saja menikah dan menjalani kehidupan rumah tangga. Apa saja nasihat dari Michelle Obama? 

1. Jangan pernah menyerah dalam menghadapi masalah

Diakui Michelle, pernikahannya dengan Barack Obama selama puluhan tahun tentu tak lepas dari berbagai masalah. Baik masalah pribadi maupun yang berkaitan dengan sikap dan perilaku. 

"Ada kalanya aku ingin mendorong Barack dari jendela karena perbuatannya dan perdebatan kami yang cukup intens. Tapi hal tersebut bukan berarti kamu menyerah dalam menghadapi masalah dan pasanganmu walaupun hal ini bisa terjadi bertahun-tahun," jelas Michelle dalam podcastnya seperti dikutip dari People. 

2. Lebih terbuka membicarakan masalah dalam pernikahan

Michelle dan Conan sependapat bahwa generasi di masa sebelumnya tidak terlalu terbuka dalam membicarakan masalah yang terjadi dalam pernikahan. Ia menyarankan, pasangan muda yang akan atau sudah menikah, bisa lebih terbuka pada pasangannya. 

"Bila pasangan muda dilanda masalah, mereka siap untuk menyerah karena mereka pikir mereka lemah. Yang ingin aku katakan, aku dan Barack juga pernah mengalami masalah sepanjang pernikahan kami, tapi kami punya hubungan yang kuat. Bila aku menyerah, mungkin aku sudah pergi meninggalkannya saat kami sama-sama merasa kesusahan," katanya. 

3. Harus kompak dan solid

Michelle mengibaratkan, mencari pasangan yang akan menemanimu seumur hidup sama halnya seperti memilih anggota tim basket. 

"Bila kamu memilih anggota tim, tentu kamu memilih orang-orang yang ingin menang dalam pertandingan. Yang utama, kamu pasti memilih orang yang bisa memperkuat tim kamu. Kamu tak ingin tim yang lemah dan harus bisa melakukan apapun, tak hanya dribble atau shoot. Iya, kan?" katanya lagi. 

Begitu juga dengan pernikahan, semuanya harus bisa dilakukan bersama-sama dan kompak. Dengan demikian, menjalani pernikahan terasa lebih menyenangkan. 

4. Beri waktu untuk diri sendiri sebelum memutuskan menikah

Penulis buku best-seller 'Becoming' ini juga menekankan pentingnya memberikan waktu berpikir untuk diri sendiri sebelum menikah. Karena menikah adalah momen satu kali seumur hidup, tentu tak ada jalan singkat untuk menuju kesana bila ingin pernikahan bertahan lama. 

"Pikirkan hal ini dan jujur dengan diri sendiri. Apakah kamu ingin bersamanya seumur hidup? Siap berkomitmen dengannya?" imbuh Michelle. 

5. Kejujuran menjadi kunci utama sebuah hubungan

Disebutkan Michelle Obama, sebuah hubungan adalah salah satu hal mendasar yang bisa memberikan kita kebahagian dan kesenangan bila kedua belah pihak sama-sama bersikap jujur dalam menjalani hubungan. Meski hal ini sulit, namun ada baiknya konsisten dijalankan. 

"Tapi satu hal yang pasti, untuk mendapatkan hubungan yang bahagia, diperlukan kerja keras dan kejujuran, baik dari diri sendiri maupun pasangan. Itulah satu hal yang saya pelajari selama ini," demikian tutur Michell Obama sebelum mengakhiri perbincangannya. 

Related

Relationship 5943714744534286822

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item