5 Tips Dasar Menghasilkan Foto Berkualitas dengan Kamera Smartphone


Kemajuan teknologi yang dimiliki smartphone saat ini tak hanya terbatas pada manfaatnya untuk bertukar komunikasi hingga mencari informasi. Sebab smartphone juga dilengkapi dengan kecanggihan kamera yang bisa kamu manfaatkan untuk mengambil gambar dengan kualitas yang tak kalah canggih dengan kamera foto atau video yang umum ditemui.

Dengan skill fotografi yang wajib untuk kamu upgrade setiap waktu, ditambah memperhatikan tips fotografi, kamu bisa menghasilkan foto yang berkualitas tinggi. Berikut adalah beberapa tips fotografi dengan smartphone yang bisa kamu aplikasikan.

1. Bersihkan lensa kamera 

Membersihkan lensa kamera smartphone yang akan digunakan untuk mengambil gambar adalah hal pertama dan sederhana yang paling banyak dilupakan oleh fotografer. Padahal hal ini memberi dampak besar pada foto yang akan dihasilkan. Beberapa kali jepret, eh kok gambar terlihat buram ya? Ternyata lensa kameranya lupa untuk kamu lap.

Gunakan kain mikrofiber untuk membersihkan lensa kamera smartphone kamu untuk mencegah terjadinya goresan yang tidak diinginkan.

2. Persiapkan framing gambar sekreatif mungkin 

Demi menghasilkan gambar yang artistik, setting framing gambar terlebih dahulu. Untuk melihat apakah setting framing sesuai dengan yang kamu kehendaki; untukmu si pengguna iOS, aktifkan "grid" yang ada di "setting camera". Grid akan memperlihatkan overlay gambar yang akan diambil. 

Sedangkan jika kamu pengguna Android, pilih "setting", lalu "app", kemudian "kamera", dan "grid lines" untuk melihat overlay gambar.

Selain menghasilkan gambar yang lebih cantik, framing berfungsi untuk meminimalisir pengambilan objek lainnya dalam gambar yang tidak diinginkan.

3. Perhatikan lighting atau sumber cahaya 

Jika gambar yang akan kamu bidik punya sumber cahaya yang kurang, hindari menggunakan flash light, sebab akan membuat gambarmu jauh dari kata artistik. Hindari pula menggunakan cahaya hanya dari 1 sumber. 

Solusinya, gunakan sumber cahaya alami seperti cahaya matahari. Atau jika kamu ingin menggunakan cahaya buatan lain, gunakan sumber lampu hingga cahaya lilin namun tidak hanya dari 1 sumber cahaya saja.

4. Gunakan bantuan tripod 

Tips teknis lainnya yang bisa kamu aplikasikan demi menghasilkan foto ciamik meski hanya menggunakan smartphone adalah gunakan bantuan tripod jika kamu tidak bisa membuat tubuhmu 'steady' saat pengambilan gambar. 

Jangan sampai setting-an kamera sudah oke, objek menarik sudah ada, namun gambar yang dihasilkan blur hanya karena tanganmu shaking.

5. Editing! 

Editing diperlukan untuk membuat foto yang dijepret jadi makin menarik dan tajam. Namun ingat, jangan edit foto secara berlebihan ya.

Related

Tips 6913107960378637346

Recent

item