9 Tips Menjadikan Hidup Lebih Bermakna dan Jiwa Selalu Bahagia


Artikel ini akan mengajak Anda untuk menjelajahi dan menerapkan secara konsisten 9 tips praktikal dan sekaligus simpel untuk merawat jiwa yang bahagia; dan pada gilirannya akan membuat otak Anda jadi lebih kreatif.

9 tips ini selayaknya lebih sering Anda lakukan dalam kehidupan sehari-hari. 9 tips praktikal ini terbukti memberikan dampak bagus bagi pengembangan jiwa yang happy. Berikut 9 tips kebahagiaan yang layak dijalani secara lebih sering dan rutin:

1. Rajin olahraga

Puluhan studi mengonfirmasi, tubuh yang rajin bergerak akan benar-benar membuat otak pelakunya jadi lebih happy. Aktivitas olahraga mampu merilis zat endorfin yang membahagiakan. Karena itu, usahakan agar Anda bisa melakukan aktivitas ini. Misal Anda bisa memulainya dengan jalan kaki atau gowes pagi saat weekend.

2. Rutin jalan-jalan ke taman yang hijau

Atau berkebun kecil di halaman rumah. Aktivitas berkebun atau jalan-jalan ke taman yang hijau sambil mensyukuri aneka bunga dan pepohonan yang rindang dan hijau, terbukti membuat jiwa Anda akan lebih tenang dan happy.

3. Lebih sering senyum dan mengucapkan terima kasih 

Berbuat baik itu sesederhana memberikan senyum tulus, dan ucapan terima kasih pada orang lain yang telah membantu kita, siapa pun dia (entah rekan kerja di kantor, tukang parkir, abang gojek, penjual gado-gado, atau satpam di kompeks).

4. Rajin sedekah

Studi yang dilakukan pakar kebahagiaan, Profesor Sonya Lubyomisrksi, menemukan, orang yang dermawan ternyata jiwanya akan lebih happy dibanding yang pelit. Dan karena jiwanya makin happy, orang dermawan akan makin sukses dalam kehidupannya.

5. Rutin melakukan tafakur atau meditasi

Aktivitas tafakur atau meditasi intinya adalah duduk diam, selama sekitar 5 menit, sambil merenungkan kebesaran Ilahi disertai ucapan rasa syukur atas segala karunia-Nya. 

Aktivitas ini juga bisa digabungkan dengan Gratitude Ritual atau Ritual Bersyukur, dimana kita duduk diam merenungkan tiga anugerah kecil yang layak kita syukuri dari hari ke hari. Riset ilmiah membuktikan, kegiatan tafakur atau meditasi sangat powerful dampaknya bagi ketenangan batin dan kebahagiaan jiwa.

6. Sering berbuat kebaikan pada orang lain

Ada istilah random act of kindness. Kita rutin memberikan kebaikan pada orang lain secara random. 

Kebaikan bisa berupa macam-macam: misal memberikan jalan pada orang lain, selalu menghormati antrean, memberi tempat duduk bagi lansia, mendahulukan orang yang keluar dari lift, membuang sampah di jalanan, membantu pembangunan perpustakaan umum, berbagi ilmu secara konsisten melalui media online, mengkampanyekan gaya hidup sehat, atau apa saja yang bermakna kebaikan bagi orang lain dan semesta. 

Studi dalam happiness science menemukan fakta: orang yang rajin berbuat kebaikan, jiwanya akan lebih bahagia.

7. Jalani hobi Anda

Akan lebih bagus jika hobi ini murah meriah dan bermanfaat. Misal hobi olahraga (bisa lari, jalan kaki, gowes, yoga, dll). Atau hobi membaca buku. Atau hobi berkebun. 

Atau Anda bisa menjalani hobi lain sesuai minat Anda, dan hobi ini punya peluang untuk menghasilkan income sampingan. Misal hobi koleksi jam tangan kuno, koleksi sneakers, atau koleksi lainnya (Anda bisa dapat income dari hobi jual beli koleksi ini). Hobi lain yang mungkin bisa menghasilkan adalah  menulis/blogging, memasak, hingga mendesain baju.

8. Rutin jalan-jalan atau melakukan traveling 

Jelajahi tempat-tempat yang indah, pelajari budaya, tata kota, pemandangan lokasi wisatanya, hingga kelezatan kulinernya. Jalan-jalan ke tempat baru yang indah dan penuh petualangan bisa makin membuka wawasan berpikir Anda, juga akan meninggalkan kesan menyenangkan dan membahagiakan.

9. Kejarlah impian

Life is too short. Don’t sacrifice your dreams. Masing-masing dari kita punya impian personal yang ingin diwujudkan. Sebaiknya jangan hanya diangankan. Take actions. Start small. Lalu, teruslah berusaha membuat impian itu terwujud. 

Sebab ada studi yang meyebutkan, saat nanti sudah tua, banyak orang yang menyesal karena tidak melakukan yang dia mau saat masih muda. Berbuat sesuatu demi mewujudkan impian adalah proses yang bisa membuat jiwa bahagia; meski proses ini acapkali panjang, melelahkan dan penuh tantangan yang tidak mudah. But, always believe in your dream. And make it happen.

Related

Inspiration 915492452220740231

Recent

Hot in week

item