Arief Muhammad Ogah Kembalikan Uang Rp 4 Miliar dari Doni Salmanan


Influencer Arief Muhammad mengungkap alasannya untuk tidak mengembalikan uang Rp4 miliar dari hasil penjualan mobil Porsche kepada Doni Salmanan. Menurut Arief, tidak ada unsur yang mengharuskan ia mengembalikan uang tersebut.

Arief menyebut tidak ada yang perlu dikembalikan karena transaksi antara dia dan Doni adalah akad jual beli.

"Unsurnya nggak ada yang masuk untuk balikin uang, karna kami akadnya jual beli," tulis Arief di akun Instagram pribadinya @ariefmuhammad.

"Wujud barangnya ada. Jadi yang akan terjadi, barangnya yang akan disita, bukan duitnya yang dikembalikan," imbuhnya.

Hal itu ia sampaikan melalui Instagram Story miliknya usai mendapat pertanyaan dari salah satu netizen soal nasib Rp 4 miliar hasil penjualan Porsche ke Doni Salmanan.

"Bang, kalo disuruh balikin 4M tapi Porsche balik ke tangan atau gak balikin tapi Porsche disita? Pilih mana Bang?" tanya salah satu netizen yang mengirim direct message ke Arief Muhammad.

Kemudian pria yang dikenal sebagai konten kreator dan influencer itu memberikan contoh mudah untuk memperjelaskan keterangannya.

Arief memberikan contoh ketika seseorang membeli barang mewah di mal dan akhirnya tersangkut kasus yang mengharuskan semua asetnya disita. Bukan toko tempat dia membeli barang yang harus mengembalikan uang, melainkan barang yang sudah dibeli yang disita.

"Sama saja kayak dia belanja tas di GUCCI, LV, di Plaza Indonesia. Tasnya yang disita. Bukan store GUCCI LV-nya yang balikin duit," tulis Arief.

"Semoga mencerahkan ya. Karena beberapa masih ada yang nggak paham bedanya 'dikasih' dengan 'jual beli'. Secara konteks udah beda banget," tutupnya.

Diberitakan sebelumnya, Doni diketahui membeli mobil Porsche 911 Carrera S milik Arief Muhammad sebagai kado untuk istrinya, Dinan Fajrina.

Sejak pihak kepolisian meminta orang-orang yang pernah menerima uang atau barang dari Doni Salmanan melaporkannya kepada polisi, nama Arief Muhammad ikut ramai diperbincangkan lantaran mendapatkan uang dari Doni Salmanan setelah menjual mobil Porsche seharga Rp 4 miliar.

Sebagai informasi, Doni Salmanan dan Indra Kenz telah ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan penipuan serta pencurian uang lewat aplikasi yang berkedok investasi binary option. Doni terlibat sebagai affiliator di dua platform opsi biner Quotex dan Binomo. Doni memperoleh keuntungan hingga puluhan miliar dari kerugian member.

Terhadap Doni Salmanan, penyidik menerapkan pasal berlapis, yakni Informasi Teknologi dan Elektronik (ITE), Kitab Undang Undang Hukum Pidana (KUHP), dan Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU).

Related

News 4784524618457456373

Recent

item