Bagaimana Cara Menambang Bitcoin? Ini Penjelasannya (Bagian 1)


Semenjak booming, banyak yang mencari informasi seputar cara mining bitcoin. Nah ada baiknya memahami apa itu mining, dan bagaimana cara mining bitcoin. Tapi sebelum itu, ada baiknya mengenal kembali tentang bitcoin.

Secara harfiah, bitcoin adalah mata uang kripto (cryptocurrency) yang berada di atas jaringan bitcoin bernama blockchain bitcoin. Mata uang kripto dapat digunakan untuk transaksi virtual berbasis internet pada jaringan bitcoin (blockchain).

Bitcoin adalah sebuah aset digital yang lahir pada tahun 2009. Kemunculannya berawal dari klaim seorang pengembang dengan nama samaran Satoshi Nakamoto, yang menyatakan bahwa ia telah berhasil menciptakan mata uang yang terdesentralisasi dan tanpa perantara.

Berbeda dengan sistem keuangan konvensional yang tersentralisasi, mata uang kripto seperti Bitcoin bersifat terdesentralisasi. Artinya, transaksi cryptocurrency tidak memerlukan perantara seperti bank. Transaksi berlangsung secara peer-to-peer dari pengirim ke penerima.

Jika begitu, lantas siapa yang bertindak sebagai pencatat transaksi?

Siapapun bisa! Setiap orang yang berada pada jaringan bitcoin (blockchain) dapat bertindak sebagai pencatat transaksi. Pihak yang bertindak sebagai pencatat transaksi bitcoin akan menjalankan program komputer yang sama untuk membentuk sebuah jaringan peer-to-peer. Setiap informasi yang tercatat akan disebar ke seluruh jaringan bitcoin, sehingga membuat data bersifat tranparan, permanen dan tidak dapat dimanipulasi.

Untuk menjaga keamanannya, bitcoin dilindungi sandi kriptografi yang rumit. Para pencatat transaksi inilah yang dikenal sebagai penambang bitcoin (miner). Penambang adalah sebutan untuk penambang bitcoin yang berada di ekosistem blockchain bitcoin. Para penambang bitcoin ini nantinya akan mendapat komisi berupa sejumlah mata uang kripto (seperti bitcoin).

Mining Bitcoin

Pasti tahu apa arti menambang atau mining di sini yang sebenarnya, kan? Sama seperti emas, orang-orang juga harus nambang bitcoin untuk mendaparkan bitcoin baru. Jadi btc mining merupakan kegiatan "menggali" bitcoin baru dengan perangkat komputer dan software pada server mining Bitcoin.

Mining bitcoin adalah salah satu cara untuk mendapatkan bitcoin. Seperti yang disebutkan sebelumnya, jaringan Bitcoin diamankan oleh unit-unit komputer khusus atau penambang (miner btc) yang tersebar (terdesentralisasi) ke seluruh penjuru.

Ketika mengirim sebuah transaksi ke blockchain Bitcoin, para penambang (miner) bertugas mengecek dan memverifikasi setiap transaksi yang terjadi dalam jaringan blockchain bitcoin.

Penambangan bitcoin (mining) merupakan proses memverifikasi transaksi bitcoin dan menciptakan bitcoin baru. Untuk mining bitcoin, para penambang (miner) membutuhkan komputer yang sangat kuat, karena aktivitas mining bitcoin membutuhkan daya komputasi yang besar.

Komputer akan menjalankan perangkat lunak (software) yang menghubungkan para penambang (miner) dengan blockchain Bitcoin serta menyelesaikan permasalahan matematika. Komputer ini dikenal dengan sebutan node.

Jadi, secara sederhana kamu dapat memahami arti mining bitcoin sebagai berikut:

1. Bitcoin mining: proses memverifikasi transaksi bitcoin dan menciptakan bitcoin baru.

2. Bitcoin miner: istilah untuk orang-orang yang melakukan verifikasi transaksi bitcoin dengan komputer berdaya tinggi.

3. Node: istilah untuk komputer yang digunakan untuk menjalankan perangkat lunak (software) mining bitcoin.

Reward yang Diperoleh Para Miner

Sejak awal diciptakan, jumlah bitcoin dibatasi hingga 21 juta bitcoin. Fenomana Bitcoin Halving yang terjadi setiap empat tahun sekali berdampak pada penurunan pasokan bitcoin di pasar sehingga menyebabkan kelangkaan (scarcity).

Bitcoin telah empat kali mengalami periode halving. Ketika bitcoin pertama kali diluncurkan, setiap blok yang berhasil diselesaikan oleh para penambang (miner) akan diganjar reward 50 BTC. Pada 2012, jumlah itu turun menjadi 25 BTC per blok, dan pada 2016 jumlahnya berkurang menjadi 12,5 BTC per blok. Pada Mei 2020, jumlah reward yang diterima penambang (miner) adalah 6,25 BTC per blok.

Jika kita mengasumsikan permintaan tetap atau lebih tinggi dari pasokan baru yang beredar, maka pasar tidak akan mampu mengimbangi permintaan. Akibatnya, fenomena ini diprediksi dapat memicu kenaikan harga bitcoin.

Baca lanjutannya: Bagaimana Cara Menambang Bitcoin? Ini Penjelasannya (Bagian 2)

Related

Technology 2575050288642844098

Recent

item