'Budi Setiawan' Bongkar Asal Usul Dirinya Jadi Bintang Iklan Binomo yang Viral


Sejak kasus binary option Binomo muncul ke permukaan, nama Yosua Putra kembali dibicarakan. Di 2019, Yosua Putra adalah bintang iklan Binomo, yang kemudian lewat iklan tersebut ia menjadi viral dengan nama Budi Setiawan. Di iklan tersebut, ia berakting bak crazy rich. 

Yosua pun menceritakan bagaimana awalnya ia menjadi bintang iklan Binomo. Kala itu, di 2019, ia sedang berlibur ke Rusia untuk menemui kekasih dan keluarga kekasihnya. 

"Jadi gue sempat ke Rusia jalan-jalan sama bokin (kekasih) gue, kebetulan bokin gue orang sana. Gue spent the time sebulan lah di sana, waktu itu summer bulan Agustus," tutur pria 27 tahun ini, dikutip dari video di kanal YouTube Denny Sumargo.     

"Abis itu gue pengen kerja kan, waduh gue kalau main musik, enggak cukup nih waktunya, kayak jam session dulu, survive ulang dulu, gitu. Ini sebelum (pandemi) COVID-19." 

Sang kekasih pun akhirnya menawarkan pekerjaan sebagai bintang iklan. Ini lantaran kekasih bulenya dan orang tuanya merupakan pemain film di sana. Sebuah agensi iklan rupanya sedang mencari talent dari Indonesia. 

Penawaran itu tidak disetujui langsung oleh Yosua. Ia ingin tahu dahulu berapa bayarannya saat itu. 

"Ada, salah satu agensi disuruh Binomo mungkin, di Rusia, di St Petesburg, akhirnya gue ditawarin sama bokin gue. 'Lo mau enggak syuting?', 'Berapa nih gajinya?', 'Lo dikasih Rp50 juta, nih'. Gue lagi di luar (negeri), terus gue kerja, dapat duit banyak siapa yang enggak mau man? As simple as that," tutur Yosua Putra. 

"Dia enggak nawarin gue, dia cuma ada talent enggak? Akhirnya bokin gue, ya sudah lo casting by phone dulu. Dikirim naskahnya, nah itu si Binomski kan. Gue kan kayak tegak gini ngadep kamera. 'Jutaan orang tidak menyadari bahwa mereka bisa menghasilkan 1.000 dollar tanpa meninggalkan rumah." 

Setelah casting by phone dan dinyatakan lolos, Yosua langsung dihubungi pihak agensi untuk syuting iklan Binomo. Yosua tak memakai nama aslinya di iklan tersebut dan menggunakan nama Budi Setiawan, dan nama tersebut kemudian viral di media sosial. 

"(Budi Setiawan) Bukan nama asli, nama gue buat mereka kurang Indonesia waktu itu. Budi Setiawan ide gue, bro," kenang Yosua sambil tertawa. 

Yosua pun menceritakan kisah di balik proses syuting iklan Binomo. 

Diceritakan Yosua, lokasi syuting Binomo terletak di countryside, bukan di kota. Mereka menyewa sebuah rumah mewah yang punya kesan kalau rumah itu pasti dimiliki orang kaya raya. 

Sehari sebelum syuting, pihak agensi juga mengajak Yosua untuk fitting baju di toko pakaian Zara. Lalu, dalam naskah pun, Yosua juga diminta berakting bak crazy rich. 

"Ini syuting beneran nih, akhirnya gue disuruh pura-pura kaya nih. Kaya abis nih ceritanya," ujarnya. 

Yang masih Yosua ingat, ia bukan satu-satunya talent yang menjadi bintang iklan Binomo. Ada lagi talent dari Meksiko yang juga berakting seperti dirinya. Naskah yang dibaca dan kalimat yang diucapkan juga kurang lebih sama, hanya saja berbeda bahasa. 

Syuting itu pun tak memerlukan waktu berhari-hari. Dari matahari terbit hingga terbenam, Yosua bisa menyelesaikan syutingnya. 

Lucunya, sudah terlanjur syuting, Yosua malah tidak pernah berpikir untuk apa iklan tersebut. Ia pun kala itu tidak tahu-menahu tentang Binomo. Yang ada di pikirannya, tujuan menjalani syuting tak lain adalah mencari uang. 

Related

News 6693767956289273189

Recent

item