Bukan dari Cabai, Ternyata Ini Penyebab Saus Mi Ayam Harganya Murah


Bagi kalian para pecinta kuliner, tentu saja paham bagaimana rasanya menyantap mi ayam tanpa kehadiran saus sambalnya yang begitu khas.

Lain daripada sambal yang dijual di supermarket, sambal mi ayam ini teksturnya cenderung lebih kental dan punya rasa kecut serta tidak terlalu pedas.

Sudah pasti kurang afdol rasanya jika menyantap mi ayam atau bakso tanpa saus sambal bertekstur kental itu.

Saus sambal ini mudah ditemukan di warung makan mi ayam atau bakso. Jika dijual di warung, biasanya harga saus sambal ini cenderung murah.

Kendati namanya saus sambal, ternyata pelengkap makan mi ayam ini bukan 100% terbuat dari cabai asli. Salah seorang pengguna TikTok mengungkapkan fakta menarik.

Ya, pengguna TikTok dengan akun @clarissachristiyan membeberkan bahwa sejatinya saus sambal mi ayam bisa dijual murah karena beberapa alasan.

"Kalian pasti tau kan, saus sambal bungkus kayak gini? Ini 600 gram nya aja Rp 3.500 beda sama yang merek ABC dan yang lainnya. Alasan kenapa murah ada di komposisi utamanya yakni ubi kayu guys," tutur pengguna TikTok tersebut.

"Yang bikin gue kaget, lihat sebelah sono tuh, komposisi cabainya cuma 1%. Tapi ini (saus sambal) udah common, dan biasa banget, karena bahan pengental yang ubi tadi udah sering dipakai sama pabrik-pabrik saus," imbuhnya.

Di akhir video, wanita ini menjelaskan kepada warganet untuk tetap tenang dan tidak perlu khawatir, karena beberapa merek saus sambal mi ayam tersebut sudah mengantongi izin edar dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI.

Tentu saja, tidak sedikit warganet yang baru tahu alasan perihal mengapa saus sambal mi ayam tersebut harganya murah meriah.

Mereka bahkan memberikan berbagai tanggapan menarik, melalui kolom komentar video tersebut.

"Baru tahu dong, aku kalau ternyata dari ubi," sebut salah seorang warganet.

"Tapi emang ya, kalau makan mi ayam sama bakso gitu lebih enak pakai saus beginian sih, daripada lainnya," imbuh warganet lain.

"Pantes ya, murah banget yang kayak gitu cuma Rp 3 ribuan," timpal warganet lainnya yang teredukasi berkat video tersebut.

Related

Food 8633589594472013102

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item